Sidak di Pasar Tramo, Dinkes Maros Cek Kelayakan Pangan

Najmi S Limonu
Rabu, 05 Apr 2023 21:34
Sidak di Pasar Tramo, Dinkes Maros Cek Kelayakan Pangan
Tim Dinkes Maros uji lab sampel makanan di Pasar Tramo, beberapa waktu lalu. Terbaru, Dinkes melakukan sidak mengecek kelayakan pangan. Foto/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Maros menggelar inspeksi mendadak alias sidak di Pasar Tradisional Modern (Tramo) atau Pasar Butta Salewangang Maros, Rabu (5/4/2023). Langkah itu dilakukan guna mengecek kelayakan pangan yang beredar di pasaran.

Kepala Dinas Kesehatan Maros, Muhammad Yunus, mengatakan sidak ini dilakukan bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengecek kelayakan produk makanan dan bahan kue yang beredar di pasaran.



Hasilnya, kata dia, tidak ditemukan adanya produk bahan pangan yang kedaluwarsa. Dia mengatakan pihaknya telah menyisir toko-toko yang menjual bahan pangan. Itu dilakukan untuk mengecek batas waktu kedaluwarsa.

"Alhamdulillah, tidak ada kita temukan bahan pangan kedaluwarsa yang terjual di Pasar Tramo," jelasnya.

Diakuinya pihaknya sengaja memeriksa label kedaluwarsa sejumlah produk makanan, terutama untuk produk bahan kue.

"Ya karena biasanya kalau bulan ramadan kebutuhan akan produk bahan kue itu meningkat jelang lebaran. Makanya kita sengaja periksa supaya konsumen bisa lebih aman," ungkap mantan Kapus Bantimurung ini.



Dia juga menegaskan, jika ada pedagang yang kedapatan menjual produk pangan kedaluwarsa maka produknya akan disita. "Jadi kita tegaskan kalau ada pedagang yang kedapatan menjual produk kedaluwarsa, maka akan kita sita dan larang edar," jelasnya.

Dia menambahkan kalau masa kedaluwarsa produk pangan di Pasar Tramo rata-rata periode November 2023. "Kita sudah sampaikan ke pedagang kalau tiga bulan sebelum masa kedaluwarsa sebaiknya sudah ditarik," tegasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru