Bantuan Nelayan dari Pemerintah di Pulau Sembilan Dikeluhkan Warga

Irman Bagoseng
Minggu, 09 Apr 2023 13:28
Bantuan Nelayan dari Pemerintah di Pulau Sembilan Dikeluhkan Warga
Sejumlah nelayan masih mengeluhkan distribusi bantuan pemerintah di Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai. Foto: SINDO Makassar/Muchtamir Zaide
Comment
Share
SINJAI - Bantuan Kesejahteraan dan sejumlah program untuk nelayan di Pulau Sembilan Kabupaten Sinjai masih banyak dikeluhkan warga.

Sekertaris Daerah (Sekda) Pemkab Sinjai Jefrianto Asapa mengatakan, bahwa tahun 2023 ini Pemkab akan kembali memberikan sejumlah bantuan untuk para nelayan di Kecamatan Pulau Sembilan.

Bacs Juga: Warga Berharap Camat Baru Bisa Memajukan Pulau Sembilan Sinjai

"Seperti pengadaan bantuan kapal, alat tangkap ikan dan sarana-prasarana budidaya rumput laut," kata dia.

Diketahui selama ini Pemkab Sinjai di bawah kepemimpinan Andi Seto Asapa sudah menggelontorkan sejumlah bantuan di bidang perikanan. Khusus di Kecamatan Pulau Sembilan yang hampir semua warganya berprofesi sebagai nelayan yang diberi bantuan.

Selama empat tahun terakhir atau dari tahun 2019-2022, total anggaran yang dikucurkan Pemkab Sinjai untuk masyarakat Pulau Sembilan khusus di bidang perikanan sebesar Rp2 Miliar lebih. Anggaran sebesar ini dimanfaatkan untuk pengadaan bantuan sampan fiber, alat tangkap ikan, bibit ikan kakap dan bibit rumput laut untuk para kelompok nelayan.

Kemudian tahun 2023 ini, Pemkab Sinjai kembali memberikan sejumlah bantuan di sektor perikanan. Anggarannya mencapai Rp1,2 miliar sehingga total anggaran untuk sektor ini selama lima tahun sebesar Rp3,2 miliar lebih.

Jefrianto Asapa mengatakan setelah menghadiri Musrenbang tingkat kecamatan Pulau Sembilan, pemerintah juga terus berupaya melakukan pemberdayaan kepada kelompok pembudidaya serta pendampingan melalui penyuluh perikanan di wilayah masing-masing.



"Sehingga mereka dapat meningkatkan produksi hasil budidaya rumput laut," katanya.

Menanggapi program pemerintah Kabupaten Sinjai warga nelayan setempat, mengaku tidak merasakan program kesejahteraan yang dicanangkan pemerintah Kabupaten Sinjai.

"Kedengarannya sungguh luar biasa, karena yang digelontorkan pemerintah Kabupaten miliaran untuk kesejahteraan masyarakat. Namun faktanya yang merasakan bantuan tersebut hanyalah orang-orang tertentu," kata Anjas salah seorang warga.

Sama halnya yang disampaikan Asri warga setempat menurutnya, untuk mensejaterahkan masyarakat pulau Sembilan tidak terlalu ribet dan harus menggelontorkan dana miliaran rupiah.

Dikatakannya, cukup Bupati-Wakil Bupati Sinjai merealisasikan janji politiknya pada pilkada lalu.

"Yaitu ketersediaan air bersih di Pulau Sembilan, listrik 24 jam cukup itu ji saja. Tidak usah ada program bantuan-bantuan, karena tidak merata, bahkan terkesan hanya balas budi," katanya.
(GUS)
Berita Terkait
UPZ PT Semen Tonasa Bantu Rehabilitasi Rumah Guru Mengaji di Kampung Saile
Sulsel
UPZ PT Semen Tonasa Bantu Rehabilitasi Rumah Guru Mengaji di Kampung Saile
Kali ini, UPZ PT Semen Tonasa kembali menyalurkan bantuan untuk rehabilitasi rumah guru mengaji di Kampung Saile, Kelurahan Bontoa, Kabupaten Pangkep.
Minggu, 07 Jul 2024 17:03
Pemkab Sinjai Dorong Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Pendidikan
Sulsel
Pemkab Sinjai Dorong Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Pendidikan
Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai menggelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2024 di Gedung Pertemuan Sinjai pada Selasa (02/07)
Selasa, 02 Jul 2024 14:39
Pemkab Sinjai Gelar Pelatihan Manajemen Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan
Sulsel
Pemkab Sinjai Gelar Pelatihan Manajemen Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sinjai menggelar pelatihan manajemen dan penanganan kasus, di Wisma Sanjaya Sinjai Utara (26/06/2024).
Rabu, 26 Jun 2024 11:30
Pj Bupati Sinjai Serahkan Ranpeda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023
Sulsel
Pj Bupati Sinjai Serahkan Ranpeda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023
Pemerintah Kabupaten Sinjai menyerahkan rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Senin (24/06/2024).
Senin, 24 Jun 2024 15:24
Upacara HKN, Pj Bupati Sinjai Sebut Momentum Tingkatkan Etos Kerja
Sulsel
Upacara HKN, Pj Bupati Sinjai Sebut Momentum Tingkatkan Etos Kerja
Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, menggelar upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Halaman Kantor Bupati Sinjai, Rabu (19/6/2024) pagi.
Rabu, 19 Jun 2024 13:12
Berita Terbaru