Basmin Mattayang dan Kapolres Luwu Salurkan Bantuan ke Korban Banjir

Chaeruddin
Rabu, 10 Mei 2023 10:55
Basmin Mattayang dan Kapolres Luwu Salurkan Bantuan ke Korban Banjir
Bupati Luwu Basmin Mattayang bersama Kapolres AKBP Arisandi saat mendatangi lokasi banjir di Bua. Foto: SINDO Makassar/Chaeruddin
Comment
Share
LUWU - Bupati Luwu H Basmin Mattayang dan Kapolres Luwu AKBP Arisandi meninjau korban banjir di 7 desa di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Selasa (9/5/2023).

Bupati Luwu meninjau posko induk penanganan bencana yang dipusatkan di Kantor Camat Bua sekaligus menyerahkan bantuan, dilanjutkan menyusuri beberapa titik terdampak banjir.

Menggunakan sepatu bot, Basmin Mattayang terjun langsung dan menyemangati warga yang tengah membersihkan rumah mereka yang tergenang air pada Senin malam, (8/5/2023).



"Sabar Ki Bu, ini ujian. Insyaaallah kami turun dan melihat langsung kondisi di lapangan. Selain membawa bantuan, kami juga akan melakukan upaya penanganan pasca banjir dan mempelajari pola antisipasi penanganan penyebab banjir di Bua," ujar Basmin ke warga.

"Sejak Senin malam, begitu mendapat kabar banjir besar di Bua, kami sudah perintahkan seluruh OPD terkait bergerak ke lapangan membantu warga, termasuk mengerahkan tim gabungan untuk pencarian 1 korban hanyut," tutur Basmin.

Basmin juga menambahkan bahwa melalui Dinas Sosial telah menyalurkan bantuan kurang lebih untuk 1.000 KK yang terdampak.



"Ada pula bantuan dari Gubernur Sulawesi Selatan, tentunya dari pusat dan dari daerah juga ada. Nah, ini semua diperuntukan untuk yang terdampak bencana pada hari ini khusunya di Kecamatan Bua kurang lebih 1.000 KK," imbuh Basmin.

Terkait penanganan bencana, orang nomor satu di Kabupaten Luwu ini menjelaskan telah mengusulkan bantuan dari Kementerian Sosial dan daerah yang dilalui bencana tersebut telah ditinjau.

"Dari Kementerian Sosial sudah datang meninjau aliran sungai ini. Kita sudah dijanjikan anggaran kurang lebih 20 M dari proposal yang kita ajukan. Harapan kita anggaran itu turun secepat mungkin tanpa ada dikurangi sehingga pekerja ini dapat kita tuntaskan," tambahnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru