Pemkab Lutim Dorong Peningkatan Kapasitas Pokja Desa Sehat

Tim Sindomakassar
Jum'at, 12 Mei 2023 09:13
Pemkab Lutim Dorong Peningkatan Kapasitas Pokja Desa Sehat
Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, April, bersama Ketua KKS Lutim, Sufriaty membuka Pertemuan Pokja Desa Sehat Kabupaten Lutim Tahun 2023 di Aula Rujab Bupati. Foto/Dok Pemkab Lutim
Comment
Share
LUWU TIMUR - Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, April, bersama Ketua Kabupaten Kota Sehat (KKS) Luwu Timur (Lutim), Sufriaty membuka Pertemuan Kelompok Kerja (Pokja) Desa Sehat Kabupaten Lutim Tahun 2023 di Aula Rujab Bupati pada Kamis (11/5/2023). Turut hadir Analis Perencana Bapelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Enos Palamba, yang juga bertindak selaku narasumber pada kegiatan yang berlangsung hingga hari ini.

Tampak pula Kepala Bapelitbangda Dohri As'ari, Kepala Dinas Kesehatan Adnan beserta jajaran, aparat desa se- Kecamatan Burau, Wotu, Tomoni, Tomoni Timur, dan Mangkutana.



April menyampaikan pertemuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengurus Pokja Desa Sehat. Dengan begitu, dalam penyelenggaraan KKS di Tingkat Desa dapat memberikan manfaat terhadap masyarakat.

“Pokja Desa merupakan wadah bagi masyarakat yang bergerak di bidang usaha ekonomi, sosial dan budaya serta kesehatan untuk menyalurkan aspirasi dan berpartisipasi dalam kegiatan yang disepakati bersama,“ jelas April.

"Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama antara masyarakat, Pemda, serta pihak swasta yang mampu menampung aspirasi masyarakat dan kebijakan pemerintah secara seimbang dan berkelanjutan dalam mewujudkan sinergi pembangunan yang baik," sambungnya.

Sementara itu, Ketua KKS Lutim, Sufriaty, menegaskan pertemuan tersebut adalah kesempatan emas untuk bisa mendapatkan ilmu dari narasumber yang sudah ahli di bidangnya.

"Untuk itu, diharapkan seluruh peserta agar mengikuti materi dengan baik agar dalam pelaksanaan di lapangan nanti berjalan sesuai yang kita harapkan," kata Sufriaty.

Terkait Pokja Desa, Sufriaty mengingatkan hal itu tidak terlepas dari kerja sama dengan TP PKK di lapangan, di mana Pokja Desa diharapkan lebih aktif dalam menjalin kolaborasi yang baik dengan stakeholder terkait.

"Kegiatan Pokja Desa ini bukanlah kepentingan pemerintah melainkan kepentingan bersama dan masyarakat. Karena KKS ini mengharapkan kita hidup sehat, nyaman, bersih, aman dan damai," imbuhnya.



Terakhir, Ketua TP PKK Lutim itu juga berharap kepada narasumber untuk dapat memberikan pertimbangan nantinya terhadap tim penilai bahwa di Lutim telah banyak hal yang telah dilakukan demi peningkatan di bidang usaha ekonomi, sosial, budaya serta kesehatan.

"Insha Allah kami yakin dan percaya bahwa seluruh masyarakat di Lutim ingin hidup sehat, nyaman dan aman dengan menerapkan program bupati yakni eduli Ki, Saya Jaga Ki," tutupnya.
(TRI)
Berita Terkait
Sosialisasi Kontrasepsi Tubektomi, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang KB
Sulsel
Sosialisasi Kontrasepsi Tubektomi, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang KB
Pemerintah Kabupaten Luwu Timur (Lutim) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) bekerja sama dengan RSUD I Lagaligo Wotu menyelenggarakan kegiatan pelayanan kontrasepsi mantap berupa tubektomi, atau Metode Operasi Wanita (MOW).
Minggu, 08 Sep 2024 19:05
Zahra Mentari Islami Terharu Usai Membawa Baki Merah Putih di Luwu Timur
Sulsel
Zahra Mentari Islami Terharu Usai Membawa Baki Merah Putih di Luwu Timur
Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Luwu Timur di Lapangan Merdeka, Puncak Indah Malili, Sabtu (17/08/24) menjadi momen yang tak terlupakan bagi Zahra Mentari Islami, pembawa baki penaikan bendera.
Minggu, 18 Agu 2024 19:16
Bupati Lutim Dukung Pembangunan Green Transmission SUTET 275 kV Wotu-Bungku
Sulsel
Bupati Lutim Dukung Pembangunan Green Transmission SUTET 275 kV Wotu-Bungku
Pemerintah Kabupaten Luwu Timur (Pemkab Lutim) siap mendukung pembangunan green transmission Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Wotu-Bungku.
Minggu, 04 Agu 2024 12:56
Wabup Akbar Serahkan Rancangan KUA PPAS TA 2024 Kepada DPRD Lutim
Sulsel
Wabup Akbar Serahkan Rancangan KUA PPAS TA 2024 Kepada DPRD Lutim
Wakil Bupati Luwu Timur, Mochammad Akbar Andi Leluasa menyerahkan Rancangan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2024 kepada Ketua DPRD Lutim, Aripin pada Rapat Paripurna, Senin (29/07/2024).
Senin, 29 Jul 2024 17:00
Bupati Budiman Serahkan Mesin Panen, Pupuk dan Benih Padi di Desa Lera
Sulsel
Bupati Budiman Serahkan Mesin Panen, Pupuk dan Benih Padi di Desa Lera
Bupati Luwu Timur, Budiman menyerahkan bantuan mesin panen (Combine Harvester), pupuk organik cair dan benih padi di Desa Lera, Kecamatan Wotu, Sabtu (27/07). Bantuan ini berasal dari Pemkab Lutim.
Minggu, 28 Jul 2024 10:23
Berita Terbaru