RSUD La Palaloi Maros Siap Layani Konsultasi Psikologi Caleg Gagal

Najmi S Limonu
Selasa, 23 Mei 2023 20:00
RSUD La Palaloi Maros Siap Layani Konsultasi Psikologi Caleg Gagal
RSUD dr La Palaloi Maros siap memberikan layanan psikologi kepada caleg gagal yang mengalami stres gangguan kejiawaan. Foto: Ilustrasi/Pexels
Comment
Share
MAROS - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr La Palaloi Kabupaten Maros siap melayani konsultasi psikologi bagi caleg yang gagal pada Pemilu 2024. Khususnya mereka yang mengalami gangguan mental dan kejiwaan.

Direktur RSUD dr La Palaloi Sri Syamsinar menuturkan, pihak rumah sakit menyiapkan satu dokter spesialis jiwa. Namun, tak ada ruangan khusus perawatan jiwa yang disiapkan.

"Untuk konsul di dokter jiwa bisa dan rawat jalan. Sedangkan yang butuh perawatan atau rawat inap akan kami rujuk,” katanya, Selasa (23/5/2023).



Keterbatasan ruangan menyebabkan pihak RSUD harus merujuk pasien yang membutuhkan rawat inap. Selain ruangan, RSUD dr La Palaloi juga terbatas dalam hal SDM.

Makanya rumah sakit akan melakukan rujukan jika ada pasien yang memerlukan perawatan kejiwaan serius. "Kami akan rujuk ke Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi,” ujarnya.

Terkait biaya perawatan dan konsultasi psikologi ini kata Syamsinar, mereka bisa menggunakan layanan BPJS.



“Jika ada indikasi maka bisa menggunakan BPJS, tapi tetap harus melalui puskesmas untuk rujukan jika rawat jalan,” tuturnya.

Jika rawat inap atau kasus emergency bisa langsung ke UGD.

Diketahui RSKD Dadi Kota Makassar telah menyiapkan kamar bagi caleg gagal yang mengalami stres atau terkena gangguan jiwa. Bahkan disiapkan kamar kelas pejabat atau istilah VIP dan VVIP lengkap fasilitas di dalamnya bagi caleg yang mengalami stres.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru