Jelang Pemilu 2024, Bupati Bone Minta ASN Tidak Terlibat Politik Praktis

Justang Muhammad
Senin, 03 Jul 2023 17:39
Jelang Pemilu 2024, Bupati Bone Minta ASN Tidak Terlibat Politik Praktis
Bupati Bone A Fahsar M Padjalangi memimpin apel pegawai di halaman Kantor Bupati Bone, Senin (3/7/2023). Foto: Istimewa
Comment
Share
BONE - Pemerintah Kabupaten Bone melaksanakan apel pagi gabungan setelah Idul Adha sekaligus halal bihalal Bupati Bone A Fahsar M Padjalangi dengan pegawai di halaman Kantor Bupati Bone, Senin (3/7/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menekankan kepada seluruh ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Bone tidak terlibat politik praktis.

Baca: Gerakan Passeddingeng Ganjar Latih Warga Bone Membuat Alat Tangkap Kepiting

"Saya tahu bapak ibu punya hak untuk memilih, tetapi jangan sampai melanggar aturan ASN, bekerjalah dengan semangat yang tinggi, Insya Allah akan membawa dampak positif dalam menjalankan tugas tugas pemerintahan dan memberikan manfaat nyata kepada masyarakat," katanya.

Dia menyebutkan sejumlah sanksi dipastikan dapat dikenakan kepada ASN berdasarkan rekomendasi KASN dan Bawaslu jika terbukti tidak netral jelang Pemilu 2024.

Bupati Bone juga meminta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan jajaran Pegawai Negeri Sipil agar terus berkolaborasi meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Penghargaan dan rasa terima kasih kepada seluruh aparatur sipil negara dan seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam memajukan daerah Bone," kata Bupati Bone.

Diketahui dalam kegiatan Apel bersama dihadiri Sekertaris daerah kabupaten Bone A Islamuddin, dan para pimpinan OPD serta ASN lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Bone.



Sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Bone sudah jauh hari mengingatkan kepada para ASN, TNI- Polri untuk tidak terlibat langsung politik praktis. Bahkan, Bawaslu Bone sudah mengeluarkan surat edaran netralitas ASN, TNI, Polri.

Ketua Bawaslu Bone Jumriah mengapresiasi langkah pembina kepegawaian Bupati Bone menekan netralitasi ASN jelang Pemilu 2024.

Tak hanya ASN, kata dia, asas netralisasi TNI dan Polri harus diwujudkan, bebas dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak pada kepentingan siapapun.

“Tetapi memang ASN yang memiliki hak pilih, tidak seperti TNI dan Polri, lebih riskan dalam berbagai kemungkinan akan kecondongan pada pelaksanaan Pemilu nantinya,” katanya.

Ia menuturkan bagi ASN yang melanggar akan dikenakan sanksi yang dijatuhkan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Bahkan hal ini sudah terjadi di Sulawesi Selatan, di mana di Luwu sudah ada ASN dikenakan sanksi dari KASN karena diduga mendukung bacaleg di media sosial.

“Sanksinya bukan hanya teguran, tapi dicopot dari jabatannya. Sanksi ini berat sekali, baik dari sisi jabatan, ekonomi, maupun sosial. Jadi untuk ASN, TNI, dan Polri harus tetap menjaga netralitasnya, termasuk di media sosial,” ingatnya.
(GUS)
Berita Terkait
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pantarlih Betul-betul Coklit di Rumah Pemilih
Sulsel
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pantarlih Betul-betul Coklit di Rumah Pemilih
Anggota Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad menegaskan proses pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit) merupakan dasar tumpuan dari rangkaian proses berdemokrasi. Menurutnya, setiap warga yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, wajib dicoklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) agar tidak ada warga yang terabaikan.
Kamis, 04 Jul 2024 20:34
Presiden Jokowi Tinjau Pelaksanaan Bantuan Pompa Irigasi di Bone
News
Presiden Jokowi Tinjau Pelaksanaan Bantuan Pompa Irigasi di Bone
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Jokowi meninjau langsung pelaksanaan pemberian bantuan 300 unit pompa untuk pengairan sawah dan pertanian (pompanisasi) di Desa Jaling
Kamis, 04 Jul 2024 16:53
Bawaslu Maros Dilaporkan ke DKPP Soal Seleksi Panwascam
Sulsel
Bawaslu Maros Dilaporkan ke DKPP Soal Seleksi Panwascam
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Maros dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI. Pengadu ialah warga Maros, Andry Ridwan.
Kamis, 04 Jul 2024 15:59
Bawaslu Sulsel Kumpulkan Komisioner & Kasek Perkuat Koordinasi Pilkada 2024
Sulsel
Bawaslu Sulsel Kumpulkan Komisioner & Kasek Perkuat Koordinasi Pilkada 2024
Bawaslu Provisi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengumpulkan komisioner dan Kepala Sekretariat 24 kabupaten/kota untuk memperkuat koordinasi dan komunikasi berkaitan kesekretariatan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024.
Kamis, 04 Jul 2024 11:35
Bawaslu Lutim Dorong Partisipasi Lewat Pendidikan Pemilih Segmentatif
Sulsel
Bawaslu Lutim Dorong Partisipasi Lewat Pendidikan Pemilih Segmentatif
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Luwu Timur yang menekankan pentingnya pemilihan yang adil, menghargai kedaulatan pemilih, dan bebas dari kekerasan serta hoaks.
Rabu, 03 Jul 2024 20:34
Berita Terbaru