Mengenal Prosesi Tanam Padi Umat Hindu di Desa Lampuawa Sukamaju

Tim Sindomakassar
Sabtu, 29 Jul 2023 15:00
Mengenal Prosesi Tanam Padi Umat Hindu di Desa Lampuawa Sukamaju
Prosesi tanam padi umat Hindu di Desa Lampuawa Sukamaju, Kabupaten Luwu Utara. Foto: Istimewa
Comment
Share
LUWU UTARA - Prosesi tanam padi bagi warga umat Hindu adalah sesuatu yang sakral, tidak asal dilakukan begitu saja. Melainkan dengan maksud dan tujuan tertentu.

Prosesi tanam padi sawah dengan ritual tertentu ini merupakan warisan umat Hindu. Prosesi ini telah dilakukan secara turun-temurun alias dari generasi ke generasi.

Menanam padi yang diawali dengan ritual atau upacara tertentu juga terjadi di Desa Lampuawa, Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara, yang memiliki makna tersendiri.



Salah satu makna yang terkandung dari fenomena itu adalah kepercayaan masyarakat petani, khususnya umat Hindu, agar padi yang ditanam memberikan kehidupan.

Di Desa Lampuawa Kecamatan Sukamaju misalnya. Umat Hindu di sana juga melakukan ritual yang sama sebelum turun tanam padi di sawah masing-masing kelompok.

“Alhamdulillah, telah dilakukan tanam padi di Desa Lampuawa, diawali prosesi adat warga umat Hindu,” ungkap Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Lampuawa, Ramsal, baru-baru ini.

Baca juga: Muhammad Jefri Anda Diangkat Jadi Kabid Humas-IKP Luwu Utara

Ramsal berharap, dengan prosesi adat tersebut, padi yang ditanam dapat memberikan hasil panen yang baik dan meningkat, sehingga berdampak pada kesejahteraan petani.

“Semoga hasil panen bisa meningkat. Kegiatan ini memang rutin dilakukan setiap musim tanam oleh pemangku adat umat Hindu,” jelas mantan PPL Desa Kalotok, Sabbang, ini.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru