Pimpinan DPRD Sebut 3 Nama Calon Pj Wali Kota Palopo di Meja Kemendagri

Chaeruddin
Rabu, 09 Agu 2023 00:58
Pimpinan DPRD Sebut 3 Nama Calon Pj Wali Kota Palopo di Meja Kemendagri
Wakil Ketua DPRD Kota Palopo, Abdul Salam. Foto: IST
Comment
Share
PALOPO - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palopo, Abdul Salam, menyebutkan 3 nama Calon Pj Wali Kota Palopo, sudah di tangan Sekjen Mendagri.

Kepada sindonews.com Abdul Salam, memastikan nama-nama yang diusul sudah sesuai amanat Mendagri yang tertuang dalam suratnya yang telah diterima DPRD Kota Palopo, beberapa waktu lalu.

"3 nama calon Pj Wali Kota Palopo sudah di tangan Sekjen Mendagri per hari ini," ujarnya, Selasa, (8/8/2023).

Disinggung siapa 3 nama yang diusul tersebut, Abdul Salam, meminta maaf, karena tidak ingin menyebutkan.

"Saya minta maaf Dinda, baiknya tidak disebutkan. Jelasnya, DPRD Kota Palopo sudah mengusulkan 3 nama yang telah memenuhi syarat sesuai amanat dalam surat Sekjen Mendagri yang kami terima, diantaranya syarat kepangkatan sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama," tuturnya.



Kerahasiaan calon nama Pj yang diterima Mendagri menurutnya perlu dijaga agar tidak terjadi polemik politik di Kota Palopo sebelum SK nya disetujui oleh Presiden Joko Widodo.

"Kita tidak sampaikan secara terbuka, siapa 3 nama tersebut, karena Pj ini bukan hasil dari pemilihan dan dari partai. Pj ini seorang ASN yang ditunjuk Mendagri yang pantas menjaga kemajuan Kota Palopo termasuk menjaga netralitas ASN jelang Pemilu. Kita serahkan sepenuhnya ke Mendagri, yakinlah pilihannya untuk kebaikan Palopo," kuncinya.

Diketahui, sebelum mengusulkan 3 nama calon Pj Wali Kota Palopo, pimpinan DPRD Kota Palopo, melakukan penjaringan atau meminta usulan nama dari 5 fraksi di DPRD Kota Palopo.

Masing-masing fraksi diberikan 3 opsi nama untuk diusulkan ke pimpinan yang kemudian dikerucutkan menjadi 3 nama saja yang diusul ke Mendagri.

Informasi yang dihimpun sindonews.com, menyebutkan Fraksi Golkar, mengusulkan nama Andi Ikhsan Lebbi Bassaleng, Asrul Sani, Iqbal Suhaeb.

Fraksi Nasdem, mengusulkan, Andi Ikhsan Lebbi Bassaleng, Bahri Suli dan Firmanza DP (Sekda Kota Palopo). Fraksi Demokrat, mengusulkan nama Andi Ikhsan Lebbi Bassaleng, Bahri Suli dan Firmanza DP.


Selanjutnya Fraksi Gerindra, mengusulkan nama Andi Ikhsan Lebbi Bassaleng, Bahri Suli dan Hamzah Jalante, kemudian Fraksi PDIP, mengusulkan Andi Ikhsan Lebbi Bassaleng, Iqbal Suhaeb dan Asrul Sani.

Dari 6 nama tersebut diatas, tercatat nama Andi Ikhsan Lebbi Bassaleng, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Umum Pemprov Sulsel diusul seluruh, 5 fraksi di DPRD Kota Palopo.

Selanjutnya ada nama Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pemprov Sulsel Asrul Sani, Kepala Dinas Dukcapil Pemrov Sulsel Iqbal Suhaeb.

Kemudian Sekda Palopo Firmanza DP, Sekda Luwu Timur Bahri Suli, dan Dosen IPDN yang juga mantan Kepala BPKAD Palopo Hamzah Jalante.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru