Digelontorkan Rp2,2 Miliar, Kawasan Pantai Merpati Diharap Jadi Ikon Baru

Eky Hendrawan
Rabu, 23 Agu 2023 15:47
Digelontorkan Rp2,2 Miliar, Kawasan Pantai Merpati Diharap Jadi Ikon Baru
Pembangunan Kawasan Pantai Merpati Bulukumba diharapkan menjadi ikon baru Kabupaten Bulukumba, bahkan pemerintah menggelontorkan anggaran Rp2,2 Miliar untuk pembangunan tahap kedua. Foto: Istimewa
Comment
Share
BULUKUMBA - Pembangunan Kawasan Pantai Merpati Kabupaten Bulukumba diharapkan menjadi ikon baru Kabupaten Bulukumba, bahkan pemerintah menggelontorkan anggaran Rp2,2 Miliar untuk pembangunan tahap kedua.

Ke depan Pantai Merpati akan menjadi Kawasan Wisata, Pusat Kuliner dan Ruang Publik yang diharapkan rampung pada tahun 2024 mendatang.



Kepala Bidang Kawasan Permukiman, Irawati, menjelaskan jika saat ini pihaknya tengah mempersiapkan pelaksanaan pekerjaan tahap kedua penataan kawasan Pantai Merpati dengan anggaran sebesar Rp2,2 miliar.

Anggaran tahap kedua ini diperuntukkan untuk penyiapan instalasi listrik, instalasi air minum dan sanitasi serta area parkir.

Irawati mengatakan, tahun 2022 yang lalu Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan telah mengalokasikan anggaran Rp9,2 miliar dengan sejumlah item pekerjaan yang ada saat ini.

Berdasarkan detail rencana pembangunan Kawasan Pantai Merpati, maka telah dirancang 12 area yakni, area parkir 4 lokasi, area kuliner dan hiburan.

Serta monumen, area bermain anak, kuliner dan pedestrian, area hiburan dan pedestrian, area olahraga dan hiburan, dan area service. Kawasan Pantai Merpati terus menjadi area yang dikembangkan pemerintah Bulukumba untuk menjadi ruang baru bagi masyarakat.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bulukumba, mempercantik kawasan Pantai Merpati dengan melakukan penanaman pohon sawit.

Penanaman pohon sawit sebanyak 17 batang, selain agar terlihat lebih rindang. Juga untuk mempercantik kawasan tersebut agar nyaman dikunjungi masyarakat.

Pantai Merpati yang merupakan ikon wisata baru yang terletak di Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba, diharapkan bisa memberikan kesan yang lebih indah.



Pohon sawit yang ditanam diarea Pantai Merpati itu didatangkan dari areal perkebunan PT Lonsum Palangisang Kecamatan Ujungloe.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DLHK Bulukumba, Muhammad Salman Patongai mengungkapkan bahwa penanaman pohon sawit di Pantai Merpati untuk mengganti dan menambah tanaman sebelumnya yang telah mati.

Pohon yang termasuk dalam tumbuhan jenis palmae dipilih karena daunnya lebih rindang dan dianggap sebagai tumbuhan yang gampang beradaptasi terhadap lingkungan apapun.

"Sawit salah satu jenis tumbuhan yang memiliki toleransi terhadap kondisi lingkungan yang berbeda, dapat tumbuh dengan baik di berbagai jenis tanah termasuk tanah berpasir," jelas Salman, Rabu, 23 Agustus 2023.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru