Bawaslu Sulsel Temukan Banyak Pemilih Pemula Belum Punya KTP-el

Ahmad Muhaimin
Selasa, 05 Sep 2023 08:00
Bawaslu Sulsel Temukan Banyak Pemilih Pemula Belum Punya KTP-el
Bawaslu Sulsel temukan pemilih pemula belum perekaman KTP-el. Foto: Ilustrasi/Sindonews
Comment
Share
MAKASSAR - Bawaslu Sulsel masih menemukan potensi pemilih pemula yang sampai saat ini belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau KTP-el. Fakta ini didapat saat melakukan sosialisasi di SMA 20 Makassar, Kecamatan Tamalate.

Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad mengatakan kondisi ini sejatinya menjadi tantangan bagi KPU agar setiap warga negara tidak kehilangan hak pilihnya. Khususnya pemilih pemula yang sudah berusia 17 tahun.

"Beberapa siswa yang kami temukan berusia 17 tahun belum ber-KTP El. Ini juga menjadi tantangan, ada hak mereka untuk memilih," kata Saiful pada Senin (4/9) kemarin.



Saiful menuturkan, Bawaslu mendorong agar KPU dan Dukcapil gencar melakukan perekaman KTP-el mulai dari sekarang. Jangan menjelang pencoblosan 14 Februari 2024, baru mulai bergerak.

"Kita meminta didata, kita juga sudah menyampaikan agar bisa ditindaklanjuti pihak Disdukcapil. Mudah mudahan sudah terdaftar di DPT, tinggal e-KTP yang kita harapkan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Makassar, Farid Wadji mengungkapkan pihaknya sudah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Juni 2023 lalu dengan jumlag 1.036.965 pemilih. Namun ditemukan masih ada sekitar 18 ribu yang belum melakukan perekaman KTP-el.

"Situasinya memang sebagian besar pemilih pemula. Sudah masuk DPT, tapi mereka dimasukkan sebagai pemilih non KTP-el," ungkap Farid.

Dia melanjutkan, pihaknya sudah melakukan kualifikasi terhadap pemilih yang akan masuk di usia 17 tahun. Mereka yang masuk dalam kategori itu, telah dimasukkan dalam DPT, meski belum memiliki KTP-el.



"Karena ini ada usia 16 tahun, mungkin tiga empat bulan ke depan baru 17 tahun. Jadi teradministrasi belum terbit KTP-nya," bebernya.

Hanya saja, pemilih harus memiliki KTP-el untuk bisa masuk ke TPS dalam menyalurkan hak pilihnya. Makanya KPU Makassar terus berkoordinasi dengan Dukcapil untuk menggencarkan perekaman secara masif.

"Kami juga sudah koordinasikan dengan Capil, untuk fasilitasi pemilih pemula. Maka bagi usia yang sudah seharusnya ber KTP elektronik difasilitasi sekolah," kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru