Belajar Implementasi Sistem Halal, 10 PT Vokasi Kunjungi Teaching Factory Polipangkep

Luqman Zainuddin
Rabu, 27 Sep 2023 14:33
Belajar Implementasi Sistem Halal, 10 PT Vokasi Kunjungi Teaching Factory Polipangkep
Peserta pelatihan Penyelia Halal Program Sertifikasi Kompetensi Dosen Vokasi Kemendikbud Ristek 2023 saat berada di Polipangkep. Foto: Istimewa
Comment
Share
PANGKEP - 16 peserta pelatihan Penyelia Halal Program Sertifikasi Kompetensi Dosen Vokasi Kemendikbud Ristek 2023 melakukan kunjungan industri ke Teaching Factory (Tefa) Polipangkep, Senin 25 September.

Rombongan diterima Direktur Polipangkep Darmawan didampingi Wadir II dan III, Ketua Jurusan Teknologi Produksi Pertanian serta Ketua Halal Center di Ruang Rapat Lt 4 Gedung Terintegrasi

Darmawan dalam sambutannya menjelaskan, Polipangkep telah memiliki beberapa teaching factory yang dikembangkan sebagai model pembelajaran berbasis produksi/jasa yang mengacu pada standar atau prosedur yang berlaku di industri.

Tefa ini menjadi sarana pembelajaran bagi mahasiswa untuk mendukung link and match dengan industri. Khusus Tefa Kakao Agroplantae selain telah mengatongi sertifikat halal dari BPJPH juga memeiliki sertifikat ISO 9001:2015.

Selama kunjungan, peserta diklat penyelia halal mendatangi beberapa tefa untuk menyaksikan dan menikmati beberapa produk hasil produksi mahasiswa Polipangkep seperti minuman kopi produksi tefa Agroindustri, aneka olahan coklat dari tefa kakao Agroplantae dan Udang beku produksi tefa Budidaya Perikanan.

Ketua Program Sertikom Dosen Vokasi Nur Rahmawati Arma menjelaskan bahwa, selain melakukan kunjungan industri ke Tefa Polipangkep, peserta diklat penyelia halal juga telah berkunjung ke Pabrik Amanda Brownies Makassar di Kawasan Industri Makassar, salah satu produsen brownies terbesar di Sulsel untuk mempelajari bagaimana implementasi Sistem Jaminan Produk Halal di industri tersebut.

Kunjungan industri merupakan rangkaian akhir yang dari kegiatan pelatihan penyelia halal sebelum mereka mengikuti uji kompetensi yang akan dilaksanakan oleh LSP Penyelenggara Produk Halal Indonesia.

Tahun ini, terdapat 11 perguruan tinggi (PT) vokasi yang berpartisipasi dalam pelatihan penyelia halal yang dilaksanakan oleh Halal Sciece Center Polipangkep bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Mereka yaitu Politeknik Negeri Lhokseumawe, Politeknik Negeri Fakfak, Politenik Negeri Sriwijaya, Politeknik Negeri media Kreatif, Politeknik Negeri Banyuwangi, Politeknik Negeri Payakumbuh, Politeknik Perikanan Negeri Tual, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep, Politeknik Negeri Pontianak dan Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru