Tiga Hektare Lahan TPA Bontoramba Kabupaten Maros Terbakar

Tri Yari Kurniawan
Kamis, 05 Okt 2023 23:58
Tiga Hektare Lahan TPA Bontoramba Kabupaten Maros Terbakar
TPA Bontoramba, Kecamatan Mandai, dilaporkan terbakar sejak Senin lalu (2/10/2023), dengan luas lahan terbakar kini hampir 3 hektare. Foto/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bontoramba, Kecamatan Mandai, dilaporkan terbakar sejak Senin lalu (2/10/2023). Diperkirakan, luas lahan yang terbakar sudah hampir 3 hektare.

Kasatpol PP, Dinas Pemadan Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Maros, Jufri mengatakan, kondisi TPA Bontoramba yang terbakar tersebut dipicu dengan kondisi alam yang panas.

“Kebakaran di TPA Bontoramba tidak pernah berhenti sampai hari ini. Laporan masuk dari DLH itu waktu hari senin jam 09.00 Wita. Sejak saat itu kami menurunkan tim untuk memadamkan api," ucap dia kepada awak media, Kamis (5/10/2023).

Dia menyebutkan, personil Damkar yang diturunkan sempat ditarik. Hanya saja karena kebakaran kembali terjadi, maka seluruh personil dikerahkan kembali.

"Hari Senin itu juga. Seluruh pesonil kami tarik kembali ke Mako, saat pukul 18.00 wita. Tapi sampai di Mako kami kembalikan lagi ke dalam karna terbakar lagi,” ujarnya.

Karena itu, kata Mantan Camat Marusu ini, hingga hari ini personel damkar masih stand by di lokasi kebakaran. Ada dua kendaraan yang disiapkan dan lima personel yang berjaga.

“Setiap hari kita stand by-kan kendaraan di lokasi, untuk jaga-jaga. Petugas Damkar juga melakukan penyemprotan. Tiga kali dalam satu hari,” imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Abdul Salam mengatakan, meski terbakar, namun kegiatan di TPA Bontoramba tetap berjalan di zona aktif. Dia mengatakan, kebakaran lahan di TPA Bontoramba tidak berdampak serius.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru