Mahasiswa Polipangkep Bertabur Prestasi di Kompetisi Semarak Polikant

Tim Sindomakassar
Jum'at, 03 Nov 2023 00:46
Mahasiswa Polipangkep Bertabur Prestasi di Kompetisi Semarak Polikant
Semarak Polikant yang diadakan oleh Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant). Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (Polipangkep) berhasil meraih prestasi gemilang dalam kompetisi Semarak Polikant yang diadakan oleh Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant).

Ajang ini dihelat selama Oktober 2023, mulai dari pendaftaran, pengumpulan karya, penyisihan, final, hingga penganugerahan juara.

Semarak Polikant merupakan kompetisi nasional yang dapat diikuti mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seluruh Indonesia, khususnya Politeknik dan Perguruan Tinggi Vokasi lainnya. Ajang bergengsi ini menghadirkan berbagai kompetisi dengan tema “Menggapai Bintang”.

Kategori lomba mencakup desain poster, video pendek “speech class” dan “cinematic class”, dan lomba inovasi teknologi. Semarak Polikant merupakan langkah awal dalam menjawab trend kompetisi yang semakin luas.

Antusiasme mahasiswa Polipangkep cukup besar dalam mengikuti kompetisi tersebut. Berdasarkan keterangan Wakil Direktur III Polikant, Syahibul Kahfi Hamid, mahasiwa Polipangkep merupakan peserta terbanyak dan mengikuti setiap kategori lomba.

Dilansir dari data Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, jumlah mahasiswa yang diutus dalam Semarak Polikant yaitu 23 orang beserta tim masing-masing. Terdata yang berhasil meraih juara sebanyak 6 Tim dan 6 individu mahasiswa.

Lomba video pendek “cinematic class” kategori Tari Tradisional berhasil dimenangkan oleh Edy Taslim dan tim pada posisi Juara 3. Sedangkan lomba video pendek “speech class” kategori Pidato dimenangkan oleh Nur Eliza dan tim sebagai Juara 2 Terampil. Juara 1 Cakap pada kategori Pidato ini juga diraih oleh mahasiswa Polipangkep, Pajri dan tim.

Masih dari lomba video pendek “speech class”, untuk kategori Puisi dimenangkan oleh 3 tim dari Polipangkep, yaitu Liliana Marsia dan tim sebagai Juara 2 Terampil, Yusriani dan tim sebagai Juara 2 Cakap, serta Imel Anugrah dan tim sebagai Juara 1 Cakap.

Mahasiswa Polipangkep juga memborong gelar juara pada mata lomba desain poster kategori Pakaian Adat dan kategori Pemuda Itu, Kami. Kategori poster Pakaian Adat digondol oleh 4 mahasiswa Polipangkep, di antaranya Aswan Ashar (Juara 1 Terampil), Asrafil (Juara 2 Cakap), Arya Ramadhan (Juara 3 Cakap), dan Muthmainna (Juara 3 Terampil).

Pada kategori poster Pemuda Itu, Kami, semua wakil Polipangkep meraih Juara 1, yaitu Muhammad Muktamar sebagai Juara 1 Terampil dan Amiruddin Suma sebagai Juara 1 Cakap.

Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Polipangkep, Nur Rahmawaty Arma, mengaku bangga dengan prestasi mahasiswa dalam kompetisi Semarak Polikant.

"Mereka telah menunjukkan bakat, kreativitas, dan ketekunan dalam menghadapi tantangan kompetisi ini. Prestasi ini juga mencerminkan dukungan yang diberikan oleh dosen pembimbing, pimpinan, dan seluruh civitas akademika di Polipangkep," terang Arma.

Lebih lanjut dia menjelaskan, prestasi ini mendukung capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) II Perguruan Tinggi, yakni mahasiswa berprestasi dalam kompetisi atau lomba tingkat nasional.

Direktur Polipangkep, Darmawan, mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang telah meraih prestasi gemilang.

"Prestasi ini adalah bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras mahasiswa Polipangkep. Kami berkomitmen untuk terus mendukung mahasiswa dalam mengembangkan potensi mereka dan meraih prestasi lebih tinggi di masa depan," ucap Darmawan.

Prestasi gemilang ini tidak hanya membanggakan bagi Polipangkep, tetapi juga menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terus berusaha dan berprestasi dalam kompetisi-kompetisi selanjutnya. Diharapkan, keberhasilan ini akan menjadi motivasi bagi seluruh civitas akademika Polipangkep, khususnya kepada dosen dan tenaga kependidikan untuk terus semangat membimbing mahasiswa dalam meraih prestasi.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru