Imigrasi Makassar Ikuti Operasi Gabungan Timpora di Bira

Tim Sindomakassar
Jum'at, 03 Nov 2023 15:22
Imigrasi Makassar Ikuti Operasi Gabungan Timpora di Bira
Operasi gabungan yang diikuti Kanim Makassar di Bira. Foto: Istimewa
Comment
Share
BULUKUMBA - Meningkatnya wisatawan mancanagera merupakan peluang bagi Indonesia dalam meningkatkan devisa negara.

Tujuan Warga Negara Asing (WNA) masuk ke negara Indonesia beraneka ragam mulai dari tujuan wisata, kerja, kunjungan sosial, belajar, binsnis dan masih banyak hal lainnya.

Melihat meningkatnya kedatangan WNA ke Indonesia tentu bukan tidak mungkin timbul permasalahan, baik terkait masalah hukum maupun kemananan negara dan masyarakat.

Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Makassar, turut serta dalam melakukan Operasi Gabungan (Opsgab) - Tim Pengawas Orang Asing (Timpora) yang dilaksanakan oleh Devisi Keimigrasian Kanwil Kemenlumham Sulsel pada 2 November 2023 di Bira Bulukumba.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Devisi Keimigrasian Kanwil Kumham Sulsel Maryana.

Turut hadir pada kegiatan Opsgab Pasi Intel Kodim Bulukumba, Kanit Intel Polres Bulukumba, Kasubsi Intelijen Keimigrasian Kanim Makassar, Kabid Tenaga Kerja Bulukumba, Kadis Parawisata Bulukumba, Kasubsi Intelijen Kanim Parepare, Rumah Detensi Imigrasi Makassar serta Kesbangpol Bulukumba.

Pada kegiatan ini peserta opsgab melakukan pengecekan dokumen terhadap WNA yang berada di sekitaran wilayah Bira, terdapat tiga orang asing yang ditemui secara terpisah.

WNA yang berada di Bulukumba merupakan wisatan pemegang Visa On Arrival (VOA) dan Izin Tinggal Kunjungan (ITK). Tidak ditemukan permasalahan pada dokumen WNA tersebut.

Dalam kesempatan tersebut kepala sub seksi intelijen keimigrasian bapak syirajuddin menjelaskan bahwa salah satu tugas Imigrasi adalah melakukan pengawasan kegiatam WNA agar tidak terjadi pelanggaran hukum dan untuk memastikan WNA dan meraka selalu menjaga keamanan.

"Salah satu tugas dari imigrasi adalah melalukan pengawasan keberadaan dan aktivitas orang asing, hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi agar orang asing tidak melalukan pelanggaran keimigrasian dan menjaga keamanan negara," ujar Syiradjuddin.

Opsgab sendiri rutin dilakukan oleh Kanim Makassar maupun Devisi Keimgrasian Kanwil Kumham Sulsel, hal ini sebagai bentuk sinergi dan kerja sama antar instansi dalam melakukan pengawasan orang asing selama berada di Indonesia khususnya di wilayah Kerja Kanim Makassar.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru