Prodi Teknik Kelautan Polipangkep Raih Akreditasi Unggul

Tim Sindomakassar
Kamis, 28 Des 2023 11:21
Prodi Teknik Kelautan Polipangkep Raih Akreditasi Unggul
Prodi Teknik Kelautan Polipangkep raih akreditasi unggul. Foto: Istimewa
Comment
Share
PANGKEP - Program Studi Teknik Kelautan Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Polipangkep) mencapai prestasi luar biasa dengan meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Prodi Keteknikan (LAM-Teknik) dan Persatuan Insinyur Indonesia, Badan Tetap Akreditasi Program Keteknikan.

Pengakuan ini tertuang dalam SK No. 0400/SK/LAM Teknik/VD3/XII/2023 per tanggal 21 Desember 2023. Hal itu menjadi bukti nyata komitmen Program Studi Teknik Kelautan Polipangkep dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan relevan dengan kebutuhan industri.

Akreditasi unggul yang diberikan oleh LAM-Teknik adalah hasil dari penilaian menyeluruh terhadap kualitas program studi, kurikulum, dosen, fasilitas, prestasi mahasiswa, dan tracer alumni. Keberhasilan Program Studi Teknik Kelautan meraih akreditasi unggul menegaskan bahwa prodi ini memenuhi standar tertinggi dalam pelaksanaan pendidikan vokasional Diploma III, di bidang Rekayasa Pantai.

Direktur Polipangkep, Dr Darmawan, yang senantiasa mengawal seluruh proses akreditasi setiap Prodi yang ada di kampus tersebut mengapresiasi pencapaian ini.

"Kami sangat bangga dengan pencapaian Program Studi Teknik Kelautan yang telah meraih akreditasi unggul. Ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi seluruh civitas akademika, dari staf pengajar, mahasiswa, mitra, hingga seluruh tim pendukung,” ujar Darmawan.

“Ini merupakan respons yang sangat baik atas kebutuhan masyarakat yang menginginkan kuliah di Prodi dengan kualitas unggul. Prodi Teknik Kelautan Polipangkep dapat menjadi pilihan yang tepat untuk berkuliah bagi calon mahasiswa yang memiliki passion di bidang teknik rekayasa pantai," kata dia.

Ditemui di ruang kerjanya, Ketua Program Studi Teknik Kelautan, Ir. Muhammad Nadir mengaku sangat bersyukur atas perolehan akreditasi peringkat unggul bagi Program Studi Teknik Kelautan.

“Selanjutnya kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Direktur Polipangkep beserta para wakil direktur yang senantiasa memberi support dan spirit kepada kami. Hal yang terkesan bagi kami bahwa selama durasi penyusunan dokumen akreditasi, Bapak Direktur secara berkala mengontrol progres kemajuan proposal yang akan kami ajukan,” pungkasnya.

“Juga secara khusus kami sampaikan terima kasih kepada teman-teman di lingkup prodi Teknik Kelautan yang rela mengobankan waktu dan tenaganya menyusun dokumen akreditasi bahkan tak jarang kami menginap di kampus,” tambah Nadir.

Kaprodi Teknik Kelautan juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua Jurusan Teknologi Kemaritiman, Syamsul Marlin Amir atas dukungannya dalam semua rangkaian akreditasi Prodi, serta kepada SPMI dan unit lainnya atas peran sertanya dalam proses akreditasi.

“Harapan kami semoga perolehan peringkat akreditasi Unggul ini dapat meningkatkan jumlah pendaftar mahasiswa baru Prodi Teknik Kelautan,” ujar Kaprodi.

Selaku Wakil Ketua Tim Penyusun Borang Akreditasi, Irwan mengungkapkan bahwa perolehan akreditasi unggul Prodi TKL karena Program studi tersebut memiliki kurikulum unggul, fasilitas terkini, dan keterserapan alumni yang tinggi di dunia industri.

“Salah satu keunggulan utama dari Program Studi Teknik Kelautan adalah integrasi yang erat antara teori dan praktik. Mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman mendalam tentang aspek teknis kelautan, tetapi juga terlibat dalam berbagai proyek riset dan kegiatan praktik lapangan. Hal ini memberikan mereka pengalaman langsung yang berharga dan mempersiapkan mereka untuk tantangan nyata di dunia kerja,” pungkas Irwan.

Pencapaian akreditasi unggul ini memberikan pengakuan yang luar biasa bagi Program Studi Teknik Kelautan. Sejalan dengan visi misi Polipangkep yang terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan terus berprestasi menguatkan vokasi untuk Indonesia maju.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru