Pemkab Selayar Siap Fasilitasi Pemulangan Korban Kapal Tenggelam

Luqman Zainuddin
Jum'at, 15 Mar 2024 07:22
Pemkab Selayar Siap Fasilitasi Pemulangan Korban Kapal Tenggelam
Proses pencarian ABK KM Yuiee Jaya II yang karam di perairan Kabupaten Kepulauan Selayar melibatkan pesawat Boeing 737-200 TNI AU. Foto: Ist
Comment
Share
SELAYAR - Pemerintah Kabupaten Kepulauan (Pemkab) Selayar siap memfasilitasi korban kapal tenggelam Yuiee Jaya II pada Sabtu 9 Maret lalu. Fasilitas itu berupa perawatan dan transportasi kepulangan.

Hal itu disampaikan Bupati Selayar Basli Ali. Menurutnya, pemerintah akan berupaya memberikan bantuan terbaik kepada korban yang sudah ditemukan, maupun yang masih dalam pencarian.

"Terkait pemulangan korban ke daerah asal, Pemkab Selayar akan memfasilitasi, tentu dengan mekanisme koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulsel dan pemerintah tempat para korban berasal," kata Basli Ali, kemarin.

Terlepas dari itu, Basli Ali mengaku turut berduka cita atas insiden yang dialami awak KM Yuiee Jaya.



Soal pencarian korban, ia mengaku telah menginstruksikan Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk terus berkoordinasi memantau dan membantu korban kapal tenggelam yang ditemukan selamat, maupun meninggal.

Ia menjelaskan bahwa saat ini Dinas Kesehatan melalui tim dokter di RSUD Pratama Jampea, Puskesmas Desa Kayuadi Kecamatan Takabonerate, maupun di Pustu Desa Rajuni dan Jinato sedang melakukan perawatan terhadap para korban yang ditemukan selamat di perairan laut Selayar.

"Insyallah, kita akan melakukan yang terbaik, Pemerintah Kecamatan, desa dan masyarakat bersama TNI - Polri disana juga telah berbuat banyak membantu mengevakuasi korban yang ditemukan selamat atau terdampar diwilayahnya, serta melakukan Pencarian terhadap sejumlah korban yang belum ditemukan," ujar Bupati.

Ia berharap dukungan dan upaya-upaya pencarian yang dilakukan oleh TNI-Polri, Basarnas Kepulauan Selayar bersama masyarakat dan pemerintah setempat terhadap korban yang belum diketemukan cepat membuahkan hasil, meski dengan sarana terbatas dan kondisi cuaca yang buruk.



Sebagai informasi, KM Yuiee Jaya milik Perusahaan PT Starindo Jaya Sukses, berangkat tanggal 3 Maret 2024 dari pelabuhan Muara Baru Jakarta Utara menuju perairan Papua Barat untuk mencari ikan. Kapal itu dikabarkan tenggelam 09 Maret 2024 akibat cuaca buruk, jumlah ABK kapal sebanyak 35 orang.

Sebanyak 14 Anak buah Kapal ditemukan terdampar di perairan laut wilayah Kepulauan Selayar, pada Senin dan Selasa, 11 - 12 Maret 2024. Dari 14 orang tersebut, 12 orang ditemukan selamat dan 2 orang sudah meninggal dunia, sementara 21 orang korban belum diketemukan.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru