Pemkab Bulukumba akan Hadirkan Sirkuit Titik Nol di Tanjung Bira

Tim Sindomakassar
Kamis, 13 Jun 2024 16:35
Pemkab Bulukumba akan Hadirkan Sirkuit Titik Nol di Tanjung Bira
Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga tahun anggaran 2024 akan melakukan pembangunan sirkuit balapan motor yang diberi nama Sirkuit Titik Nol. Foto: Istimewa
Comment
Share
BULUKUMBA - Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga tahun anggaran 2024 akan melakukan pembangunan sirkuit balapan motor yang diberi nama Sirkuit Titik Nol.

Lokasi Sirkuit Titik Nol berada di samping Lapangan Hitam kawasan wisata Tanjung Bira yang dirancang akan terintegrasi dengan lapangan tersebut sehingga menjadi satu kawasan sirkuit.

Kabid Humas Diskominfo, Andi Ayatullah Ahmad menyampaikan bahwa pembangunan sirkuit balap motor adalah salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Bulukumba.



Andi Ayatullah menuturkan sirkuit ini memberikan wadah penyaluran bakat dan hobi para rider generasi muda Bulukumba. Selain itu, juga akan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata jika ada pelaksanaan event balap motor yang peserta dan penontonnya dari luar Kabupaten Bulukumba.

”Anggarannya (pembangunan sirkuit) sekitar Rp3,8 milyar dengan pekerjaan utama pembuatan lintasan dan pembangunan tribun,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, lintasan yang akan dikerjakan sepanjang 515 meter dengan lebar 7 meter. Jika lintasan ini nanti digabung dengan lintasan yang berada di Lapangan Hitam, maka panjang lintasan dapat mencapai 1,2 kilometer.

Rencana pembangunan Sirkuit Titik Nol ini mendapat respon dan apresiasi dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). Ketua Komisi Dragbike Pengda IMI Sulawesi Selatan, Hidayat Kurnia.

Menurut pria yang akrab disapa Omy ini, pembangunan Sirkuit Titik Nol akan menjadi sirkuit favorit di wilayah selatan Sulawesi Selatan.

”Jika sudah ada sirkuit, maka Bulukumba bisa melaksanakan beberapa event balapan motor setiap tahunnya, seperti Kejurda dan Kejurnas atau MotoPrix,” ungkapnya.



Omy optimis, event yang dilaksanakan di Sirkuit Titik Nol ini akan banyak penggemarnya karena berada dalam kawasan wisata Tanjung Bira.

”Pantai pasir putih Tanjung Bira menjadi salah satu daya tarik dari keberadaan sirkuit ini,” bebernya.

Untuk diketahui, selain Sirkuit Titik Nol, sejumlah proyek infrastruktur yang dibangun di Kabupaten Bulukumba tahun 2024 ini antara lain, Gedung Ammatoa tahap pertama, lanjutan Pasar Sentral, lanjutan Pasar Tanete, Pasar Wisata Bira, Pantai Merpati tahap ketiga, lanjutan Kolam Labuh dan pembangunan Sentra Pelelangan Ikan dan Kuliner Bentenge.

Selanjutnya, ada pembangunan Kantor Camat Rilau Ale, Kantor Camat Kindang, dan sejumlah ruas jalan, termasuk kelanjutan pengaspalan jalan lingkar Lemo-lemo-Bira.
(UMI)
Berita Terkait
Pantarlih Seberangi Jembatan Bambu Demi Coklit 20 KK di Bulukumba
Sulsel
Pantarlih Seberangi Jembatan Bambu Demi Coklit 20 KK di Bulukumba
Kondisi geografis bukan penghalang bagi Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) dalam melaksanakan tugasnya.
Kamis, 27 Jun 2024 18:28
UPT ASDP Bira Gelar Jumat Bersih Bersama di Pelabuhan Penyeberangan
Sulsel
UPT ASDP Bira Gelar Jumat Bersih Bersama di Pelabuhan Penyeberangan
UPT ASDP Bira menggelar kerja bakti dan gotong royong di Pelabuhan Penyebarangan Bira, Bulukumba pada Jumat (21/06/2025). Kegiatan Jumat bersih ini diinisiasi oleh Kepala UPT ASDP Bira, Syamsuddin.
Jum'at, 21 Jun 2024 08:42
DPRD Sulsel Bakal Kunjungi Tanah Adat Kajang Soal Sengketa dengan PT Lonsum
Sulsel
DPRD Sulsel Bakal Kunjungi Tanah Adat Kajang Soal Sengketa dengan PT Lonsum
Komisi B DPRD Sulsel menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama tokoh masyarakat adat Kajang, PT London Sumatera Indonesia TBK (PT Lonsum) dan BPN di Gedung Tower DPRD Sulsel pada Rabu (05/06) kemarin. RDP ini membahas perihal penguasaan lahan tanah adat Kajang di Bulukumba.
Rabu, 05 Jun 2024 22:51
Angkut 6.559 Penumpang, ASDP Bira Beri Pelayanan Memuaskan Selama Mudik Lebaran
Sulsel
Angkut 6.559 Penumpang, ASDP Bira Beri Pelayanan Memuaskan Selama Mudik Lebaran
UPT ASDP Bira mampu memberikan pelayanan memuaskan selama arus mudik lebaran 2024. Pelayanan maksimal memang menjadi prioritas pengelola pelabuhan penyeberangan yang dipimpin Syamsuddin ini.
Selasa, 09 Apr 2024 20:15
Siapkan 5 Armada, Penyeberangan Bira-Pamatata Prioritaskan Angkutan Penumpang Mudik Lebaran
Sulsel
Siapkan 5 Armada, Penyeberangan Bira-Pamatata Prioritaskan Angkutan Penumpang Mudik Lebaran
Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Satuan Pelabuhan Penyeberangan Bira, Kabupaten Bulukumba menyiapkan 5 armada untuk melayani arus mudik lebaran tahun 1445 H/2024 di Pelabuhan Bira, Bulukumba ke Pelabuhan Pamatata, Kepulauan Selayar.
Kamis, 04 Apr 2024 12:23
Berita Terbaru