Pemkab Maros Akan Serahkan Pengelolaan Wisata Bantimurung ke Pihak Ketiga

Najmi S Limonu
Selasa, 16 Jul 2024 11:28
Pemkab Maros Akan Serahkan Pengelolaan Wisata Bantimurung ke Pihak Ketiga
Bupati Maros AS Chaidir Syam memberikan keterangan kepada awak media. Foto: SINDO Makassar/Dok
Comment
Share
MAROS - Pemerintah Kabupaten Maros berencana memberikan pengelolaan Kawasan Wisata Alam (KWA) Bantimurung kepada pihak ketiga.

Bupati Maros AS Chaidir Syam mengatakan, hal ini dilakukan supaya Bantimurung bisa dikelola secara profesional. Sebab jika hanya pemerintah daerah, pengelolaannya sangatlah terbatas.

"Agar bisa dikelola lebih baik dan profesional. Misalanya, ketika ada yang akan dibenahi maka prosedurnya akan sangat lama jika pemerintah yang lakukan," akunya.

Namun jika dipihakketigakan maka pembenahannya akan dilakukan secara cepat. Karena tidak harus melalui prosedur yang panjang.

Salah satu pertimbangan lainnya adalah saat ini Maros telah masuk kawasan geopark sehingga banyak kawasan wisata lain yang harus diperhatikan kedepannya.

"Misalnya air terjun di beberapa tempat dan kawasan Rammang-rammang yang akan kita perhatikan lebih besar kedepannya," ucapnya.

Namun Chaidir berjanji jika Bantimurung benar-benar dipihak ketigakan, pihaknya akan tetap melakukan monitoring dan evaluasi.

“Paling utama pemda tetap lakukan monitoring sebagai bentuk kita menjaga kawasan tersebut,” tuturnya.

Sementara untuk tarif masuknya Ketua DPD II PAN Maros ini mengaku tetap menjadi kewenangan pemerintah daerah.

"Kewenangan pemda untuk menentapkan Perda. Akan kita bicarakan dalam MoU kepada pihak yang akan membatu kita nantinya dalam mengolah kawasan wisata," imbuhnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru