BRI Kanwil Makassar Target Salurkan KUR Rp21 Triliun Tahun Ini

Luqman Zainuddin
Jum'at, 14 Apr 2023 21:54
BRI Kanwil Makassar Target Salurkan KUR Rp21 Triliun Tahun Ini
Regional CEO BRI Kanwil Makassar, Rahman Arif. Foto: SINDO Makassar/Muchtamir Zaide
Comment
Share
MAKASSAR - BRI Kantor Wilayah (Kanwil) Makassar mematok target penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) hingga Rp21 triliun tahun ini. Sampai triwulan pertama, KUR yang disalurkan sudah Rp3 triliun lebih.

"Target penyaluran KUR kami tahun ini Rp21 triliun. Sampai bulan ini sudah tersalurkan Rp3 triliun. Tiap bulannya itu Rp1,8 triliun," ucap Regional CEO BRI Kanwil Makassar, Rahman Arif, Jumat (14/4/2023).

Rahman optimistis target itu bisa terpenuhi. Sebab, Kanwil Makassar yang meliputi wilayah kerja Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Maluku selalu punya catatan positif dalam penyaluran KUR.



"KUR ini tahun lalu pencairannya Rp18 triliun," beber Rahman.

Rahman menjelaskan KUR hadir untuk memberdayakan UMKM pada sektor produktif, meliputi perdagangan, pertanian dan pariwisata. Tahun ini, penyalurannya fokus pada pertanian, khusus alat dan mesin.

Di samping itu, BRI kata Rahman terus mendorong UMKM untuk naik kelas melalui tiga cara. Pertama, modernisasi dalam segi kemasan dan perbaikan identitas. Kedua, digitalisasi.



"Produk yang sudah dibenahi kemasan dan identitasnya kita masukkan ke media sosial (e-commerce)," urai Rahman.

Ketiga, go international. Rahman menjelaskan, tahapan ini maksudnya produk dari UMKM yang terjual ke pasar luar negeri. Sekarang kata dia, sudah banyak UMKM binaan BRI yang mencapai tiga tahapan itu.

"Kami berharap, ada 100 UMKM (binaan BRI) yang go international," harap Rahman.



Untuk UMKM naik kelas menurut Rahman kuncinya adalah memenuhi hak-hak konsumen. Misalnya, UMKM di bidang makanan, produknya harus higienis serta memperhatikan kualitas bahan baku.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru