KKS x Digifest 2024 Catat Transaksi UMKM Rp373 Juta dan Donasi Rp201 Juta

Tri Yari Kurniawan
Senin, 01 Jul 2024 09:53
KKS x Digifest 2024 Catat Transaksi UMKM Rp373 Juta dan Donasi Rp201 Juta
Kepala Perwakilan BI Sulsel Rizki Ernadi Wimanda berfoto bersama saat acara penutupan KKS x Digifest 2024 di Atrium TSM Makassar. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Gelaran KKS x Digifest 2024 di Atrium Trans Studio Mall (TSM) Makassar resmi ditutup, Minggu (30/6/2024) malam. Selama lima hari pelaksanaan, total transaksi UMKM pada event tersebut mencapai Rp373,35 juta.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulsel, Rizki Ernadi Wimanda, menyampaikan selain mencatatkan transaksi UMKM yang cukup besar, event KKS x Digifest 2024 juga menggalang donasi sebesar Rp201,24 juta.

Rizki menyebut tercatat puluhan ribu transaksi UMKM yang terjadi selama event berlangsung. Begitu pula dengan donasi yang diperoleh lewat ragam aktivitas digital, seperti QRIS Gotong Royong, QRIS Kopi Rp2.500, Voting QRIS Executive Fashion Show, dan giat lomba lainnya.

"Kegiatan KKS x Digifest 2024 berhasil mencatatkan total transaksi UMKM sebesar Rp373.358.500 serta donasi senilai Rp201.241.525 dengan volume transaksi sebanyak 75.103 transaksi yang akan disalurkan melalui Baznas Sulsel untuk bantuan masyarakat yang terdampak bencana alam di Sulsel," kata dia.

Pada kesempatan itu, Rizki menjelaskan KKS x Digifest digelar untuk mendukung kegiatan nasional yaitu x Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI) dan Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang akan dilaksanakan di Jakarta. Event itu juga bertujuan mempromosikan produk-produk unggulan UMKM terutama dari Sulsel melalui pemanfaatan teknologi.

"Ya, khususnya implementasi sistem pembayaran digital oleh UMKM sehingga diharapkan dapat mendorong peningkatan akses pasar UMKM baik domestik maupun internasional (ekspor)," ungkapnya.

Gelaran KKS x Digifest 2024 mengusung tema 'Collaborating Creative Economy and Digital Payment to make South Sulawesi as Advanced Region' atau disingkat 'COTO MAKASSAR'. Rangkaian kegiatannya meliputi showcasing produk UMKM, Executive Fashion Show bertema wastra lokal Sulsel, talkshow seputar pengembangan UMKM, promo kopi menggunakan QRIS seharga Rp2.500, serta dimeriahkan oleh berbagai lomba kreatif serta fashion show dan hiburan lainnya.

Atas kesuksesan penyelenggaraan KKS x Digifest 2024, Rizki mengucap syukur dan kebanggaan, sekaligus mengapresiasi seluruh pihak yang telah berperan aktif mensukseskan kegiatan ini. Mulai dari panitia, stakeholders, perbankan anggota BMPD, hingga pelaku UMKM.

"Kami berharap seluruh komponen dapat terus berkomitmen dan bersinergi mewujudkan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, dan memberi kesejahteraan kepada seluruh masyarakat di Sulsel dan Indonesia," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru