Minum Infused Water Timun, Rasakan 7 Manfaatnya untuk Tubuh

Luqman Zainuddin
Selasa, 14 Mar 2023 13:47
Minum Infused Water Timun, Rasakan 7 Manfaatnya untuk Tubuh
Ilustrasi. Foto: Pexels/Maria Orlova
Comment
Share
MAKASSAR - Cuaca Kota Makassar dan sekitarnya selama beberapa hari terakhir cukup terik. Kondisi ini bisa membuat tenggorokan kering dan terasa haus seketika.

Untuk meredakan dahaga, ada banyak pilihan minuman yang bisa diteguk, dari air mineral sampai jus buah. Di luar dari itu, infused water juga bisa masuk dalam daftar Anda.

Infused water merupakan air yang telah direndam dengan irisan buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah untuk memberikan rasa dan aroma tambahan.

Infused water dibuat dengan cara memasukkan bahan-bahan tersebut ke dalam air dan membiarkannya meresap selama beberapa waktu.

Baca juga: Daftar Peraih Piala Oscar 2023, Aktris Asia Cetak Sejarah

Infused water biasanya digunakan sebagai alternatif minuman yang lebih sehat dan rendah kalori dibandingkan minuman bersoda atau jus buah yang mengandung gula tambahan.

Infused water juga diklaim memiliki manfaat untuk kesehatan seperti membantu dalam detoksifikasi, meningkatkan metabolisme, dan menjaga kesehatan kulit.

Salah satu bahan yang dijadikan infused water adalah timun. Nah, infused water timun ini punya banyak manfaat bagi tubuh, tidak sekadar menghilangkan haus, loh. Berikut 7 manfaatnya, seperti dilansir dari Alodokter.

1. Menghidrasi tubuh

Timun mengandung hampir 97% air. Nah, jika sedang minum air putih dan ingin minuman yang memiliki rasa tambahan, tetapi tetap sehat, infused water timun bisa menjadi pilihan. Selain rasanya enak, kandungan air pada timun bisa membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik, sehingga kamu terhindar dari dehidrasi.

Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Mempercepat Menyembuhkan Batuk

2. Menangkal paparan radikal bebas

Timun mengandung zat gizi yang memiliki antioksidan, seperti vitamin C, beta karoten, mangan, flavonoid, dan molibdenum. Kandungan ini berperan dalam menangkal radikal bebas penyebab penyakit berbahaya.

3. Menurunkan tekanan darah

Punya tekanan darah tinggi? Selain rutin minum obat sesuai anjuran dokter, coba deh konsumsi infused water timun. Soalnya, kandungan kalium pada timun bisa membantu mengatur jumlah garam yang tertahan oleh ginjal, sehingga membantu tekanan darahmu turun dan tetap normal.

4. Membuat kulit halus

Timun tinggi asam pantotenat atau vitamin B5. Kandungan ini dapat melembapkan dan membuat kulit lebih halus, serta mencegah datangnya jerawat. Vitamin ini juga bisa membuat rambut tampak bervolume dan berkilau.

Baca juga: Tak Hanya Hilangkan Haus, Minum Air Hangat di Pagi Hari Punya 7 Manfaat

Selain vitamin B5, kandungan air pada timun pun memiliki peranan penting untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering.

5. Memperkuat tulang

Vitamin C, vitamin K, kalium, fosfor, protein, dan antioksidan adalah sejumlah nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung kekuatan tulang dan menjaga kesehatan tulang. Semua itu bisa didapatkan dari buah timun.

6. Membantu menurunkan berat badan

Minuman manis seperti jus kemasan dengan tambahan gula, minuman bersoda, atau kopi memang enak, tetapi bisa memicu kenaikan berat badan jika dikonsumsi berlebihan. Jika kamu sedang berusaha untuk menurunkan bobot tubuh, coba ganti jenis minuman-minuman tersebut dengan infused water timun.

Selain bisa menghidrasi tubuh, minuman ini juga mengenyangkan dan menekan rasa lapar, sehingga menurunkan keinginanmu untuk minum minuman manis.

Baca juga: Bukannya Segar, Tubuh Malah Lelah saat Bangun Pagi? Ini Penyebabnya

7. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium dan sejumlah zat gizi yang memiliki efek antioksidan pada timun bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Antioksidan tidak hanya menangkal radikal bebas, tapi juga mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, kalium juga baik untuk menjaga kerja jantung dan pembuluh darah.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru