5 Makanan yang Bisa Mempercepat Menyembuhkan Batuk

Luqman Zainuddin
Minggu, 12 Mar 2023 09:18
5 Makanan yang Bisa Mempercepat Menyembuhkan Batuk
Ilustrasi. Foto: Pexels/Cottonbro Studio
Comment
Share
MAKASSAR - Batuk merupakan refleks alami tubuh membersihkan saluran napas dari benda asing, lendir, dan zat iritan lainnya.

Umumnya, batuk tanpa kondisi medis yang berat, bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1–2 minggu dengan perawatan sederhana di rumah.

Untuk mempercepat hilangnya batuk, ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi, berikut 5 di antaranya seperti dikutip dari Alodokter.



1. Sup ayam

Sup ayam hangat bila dikonsumsi dapat mengurangi peradangan, sehingga bisa meredakan batuk. Di dalam sup ayam biasanya ada sayuran dan rempah yang mengandung aneka jenis vitamin dan mineral, yang dibutuhkan untuk membantu proses pemulihan.



Adapun ayam di dalam sup mengandung asam amino sistein yang dapat mengencerkan lendir serta memiliki efek antivirus, antiradang, dan antioksidan sehingga baik untuk dikonsumsi saat batuk atau pilek.

2. Jahe

Jika Anda batuk, makanan atau minuman yang mengandung jahe disarankan untuk dikonsumsi. Hasil penelitian menunjukkan, jahe bersifat antiradang dan mengandung antikosidan yang kuat, sehingga dapat meredakan batuk sekaligus nyeri tenggorokan.

3. Madu

Madu bisa meredakan batuk karena memiliki efek antimikroba dan antiradang. Kemampuan antimikrobanya dapat mendukung tubuh untuk melawan infeksi kuman, sedangkan efek antiradang madu dapat meredakan peradangan dan melegakan tenggorokan.



Sebuah studi juga menunjukkan bahwa efektivitas madu dalam meredakan batuk cenderung lebih baik daripada obat batuk yang mengandung diphenhydramine. Namun, penelitian lain justru menunjukkan hasil berlawanan sehingga perlu diteliti lebih lanjut.

4. Lemon

Lemon juga sering dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan batuk. Perasan buah ini sering diracik bersama madu dan air hangat sebagai obat sakit tenggorokan alami.

5. Nanas

Nanas merupakan salah satu buah untuk batuk yang bisa dikonsumsi. Ini karena dalam nanas terdapat kandungan bromelain yang mampu mengurangi peradangan dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.



Dalam nanas juga terkandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh dan melawan infeksi, sehingga cocok dijadikan sebagai salah satu makanan yang mempercepat penyembuhan batuk.

Namun, jangan mengonsumsinya secara berlebihan, karena bisa menyebabkan nyeri ulu hati dan diare. Selain itu, orang yang mengonsumsi obat pengencer darah sebaiknya menghindari konsumsi nanas tanpa konsultasi ke dokter.

Jika konsumsi lima makanan ini tidak mampu mengatasi batuk, Anda dapat menggunakan obat batuk yang dijual di apotek. Namun, pastikan konsumsinya sesuai dianjurkan.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru