Bukannya Segar, Tubuh Malah Lelah saat Bangun Pagi? Ini Penyebabnya

Luqman Zainuddin
Kamis, 09 Mar 2023 08:01
Bukannya Segar, Tubuh Malah Lelah saat Bangun Pagi? Ini Penyebabnya
Ilustrasi. Foto/Pexels/Pixabay
Comment
Share
MAKASSAR - Setiap manusia membutuhkan tidur, utamanya saat malam hari untuk mengistirahatkan tubuh, sehingga segar di hari berikutnya. Tapi terkadang, saat bangun pagi, alih-alih segar, tubuh malah terasa lelah.

Merasa lelah saat bangun tidur mengindikasikan bahwa Anda kurang atau kualitas tidur terganggu. Kondisi ini membuatmu berisiko terserang penyakit, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Sebaliknya, dengan jumlah dan kualitas tidur yang baik akan meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, menjaga berat badan ideal, hingga memperkuat imunitas tubuh.



Ada Beragam penyebab tubuh lelah saat bangun tidur. Berikut adalah beberapa di antaranya, seperti dilansir dari Alodokter.

1. Terlalu banyak atau kurang tidur

Dari sejumlah riset, menyimpulkan jika kebiasaan tidur terlalu banyak atau justru kurang tidur bisa menjadi penyebab seseorang merasa lelah saat bangun tidur. Kebiasaan ini juga bisa membuat seseorang merasa masih mengantuk saat bangun tidur.

Nah, untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan tidur yang ideal, yakni 7 sampai 9 jam per hari.

2. Stres

Setiap manusia akan pernah merasa stres. Nah, stres juga memiliki peran terhadap kualitas tidur dan menjadi salah satu penyebab lelah saat bangun tidur. Pasalnya, saat kamu stres, kemungkinan besar kamu akan sering terbangun di malam hari atau bahkan sulit untuk bisa tertidur, sehingga kamu mudah merasa lelah dan tak bersemangat.

3. Anemia

Anemia atau kurang darah bisa menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Hal inilah yang kemudian bisa menjadi penyebab penderita anemia menjadi mudah merasa lelah, termasuk saat bangun tidur.



Jika kamu mengalami anemia, kamu juga mungkin akan merasakan gejala lainnya, seperti pusing, kulit pucat, pandangan berkunang-kunang, sulit konsentrasi, dan lemas.

4. Gangguan tidur

Jika kamu telah tidur dengan durasi yang ideal, namun tetap merasa lelah saat bangun tidur, bisa jadi kamu mengalami gangguan tidur. Beberapa jenis gangguan tidur yang bisa menyebabkan tubuh lelah saat bangun tidur antara lain insomnia, sleep apnea, dan narkolepsi.

5. Sindrom kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome (CFS) adalah sindrom yang bisa menyebabkan penderitanya merasa lelah sepanjang waktu.

Tidak seperti rasa lelah biasanya, kondisi ini tidak membaik saat penderitanya beristirahat. Sebaliknya, sindrom kelalahan kronis justru bisa menyebabkan tubuh lelah saat bangun tidur.



Ada sejumlah cara untuk mengatasi dan mencegah tubuh lelah saat bangun tidur. Sederhananya, Anda harus meningkatkan kualitas dan jam tidur.

Untuk memperbaiki waktu dan kualitas tidur, Anda bisa mengupayakan tidur siang sekitar 20 menit setiap harinya, untuk membantu mengurangi rasa lelah yang timbul akibat gangguan tidur.

Kemudian, tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Lakukan olahraga yang bisa meningkatkan kualitas tidur, seperti berenang, jogging, atau tai chi.

Ciptakan suasana kamar yang kondusif dengan menerapkan sleep hygiene, misalnya dengan menjaga kamar tetap bersih, mematikan lampu, dan menghindari bermain gadget saat akan tidur.



Lakukan teknik relaksasi sebelum tidur guna mengurangi stres, misalnya mandi air hangat, membaca buku, meditasi, atau yoga. Serta, hindari mengonsumsi makanan berat dan minuman berkafein, seperti kopi, sebelum tidur.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru