Cukupkan Rekomendasi, Tiga Paslon Masuk Arena Pilwalkot Makassar

Ahmad Muhaimin
Jum'at, 16 Agu 2024 07:46
Cukupkan Rekomendasi, Tiga Paslon Masuk Arena Pilwalkot Makassar
Sebanyak tiga pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota, siap bertarung pada Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Makassar pada, 27 November 2024 mendatang. Foto: Ilustrasi
Comment
Share
MAKASSAR - Sebanyak tiga pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota, siap bertarung pada Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Makassar pada, 27 November 2024 mendatang.

Ketiga paslon tersebut yakni Andi Seto Asapa berpasangan dengan Rezki Mulfiati Lutfi yang diusung oleh Gerindra (6 kursi) dan Nasdem (8 kursi) dan PAN (3 kursi) dengan total 17 kursi sudah memenuhi 10 kursi sebagai syarat bertarung di kontestasi lima tahunan ini.



Kemudian ada pasangan Indira Jusuf Ismail berpasangan dengan Ilham Ari Fauzi Amir Uskara, yang diusung oleh PDIP, PKB dan PPP. Koalisi ini berhasil mengumpulkan 15 kursi di parlemen hingga bisa melanggeng ke arena Pilwalkot.

Terakhir Munafri Arifuddin berpaket Aliyah Mustika Ilham dengan diusung oleh Golkar (6 kursi), Demokrat (3 kursi) dan Perindo (1 kursi) dengan total mengumpulkan 10 kursi untuk. Terakhir sisa PKS yang belum menentukan pilihan akan berlabuh ke paslon mana di Pilwalkot Makassar.

Pasangan Munafri Arifuddin - Aliyah Mustika Ilham bahkan baru resmi menerima rekomendasi B1-KWK dari Partai Demokrat pada Kamis, (15/08/2024). Padahal Ketua Demokrat Makassar Adi Rasyid Ali sebelumnya juga siap maju untuk Pilwalkot Makassar.

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agustus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan rekomendasi B1-KWK kepada pasangan tagline "Mulia" di DPP Jakarta pada Kamis, (15/08/2024) petang.

Bakal Calon Walikota Makassar Munafri Arifuddin menyampaikan dirinya bersama Aliyah, sudah memenuhi syarat dan siap untuk berlayar menuju kontestasi Pilwalkot 27 November akan datang. "Alhamdulillah saya dan bu Aliyah sudah penuhi syarat mendaftar di KPU. Artinya kita siap berlayar," kata Appi.

Ketua DPD II Golkar Kota Makassar itu mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus DPP Demokrat, DPD Sulsel, dan DPC Demokrat Kota Makassar, atas kepercayaan yanf diberikan kepada dirinya.

"Tentu kami ucapkan terima kasih kita kepada seluruh jajaran dan pengurus DPP, DPD Sulsel dan Demokrat Kota Makassar. Atas amanah dan kepercayaan kepada kami mendapat demokrat. Ini modal kami mendaftar di KPU nantinya," jelasnya.



Dia menambahkan, meskipun paslon "Mulia" sudah memenuhi syarat untuk mendaftar di KPU. Namun, tetap membuka ruang untuk partai lain bergabung agar berkoalisi untuk memenagkan Pilwali 2024 tahun ini.

"Meskipun sebagai syarat utama tiga partai memiliki 10 kurai ini sudah cukup. Tapi kalau ada partai mau bergabung kita. Boleh dan kami tetap terbuka," tukasnya.

Dalam penyerahan itu, turut hadir Ketua DPD Demokrat Sulsel Ni’matullah dan Ketua DPC Demokrat Makassar Adi Rasyid Ali.

AHY mengatakan, rekomendasi B1-KWK yang diserahkan kepada pasangan Mulia telah melalui pertimbangan yang matang. Serta telah melewati berbagai proses administrasi di DPP Demokrat.

"Kami berharap bisa langsung menyusun langkah-langkah taktis berikutnya dan juga menyiapkan diri sebaik-baiknya untuk bisa berlayar, masuk ke masa kampanye dan memenangkan Pilkada," harap AHY.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru