Jepang Komitmen Perkuat Kerja Sama Kebudayaan hingga Pendidikan dengan Sulsel

Tri Yari Kurniawan
Jum'at, 24 Mar 2023 22:01
Jepang Komitmen Perkuat Kerja Sama Kebudayaan hingga Pendidikan dengan Sulsel
Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar Ohashi Koichi dan Direktur Utama SINDO Media Makassar Munadhir Mubarak berfoto bersama dan saling menukar cendera mata. Foto/Muchtamir Zaide
Comment
Share
MAKASSAR - Pemerintah Jepang berkomitmen memperkuat kerja sama dengan Indonesia, khususnya Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di berbagai bidang. Mulai dari bidang kebudayaan hingga bidang pendidikan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Ohashi Koichi, saat melakukan kunjungan silaturahmi ke Kantor SINDO Makassar, Jumat (24/3/2023). Koichi datang didampingi oleh Nurullia Zulkifli, Staf Lokal Seksi Informasi dan Kultur.



Menurut Koichi, hubungan bilateral antara Jepang dan Indonesia yang terjalin baik ingin ditingkatkan. Adapun ruang lingkup kerja sama mulai dari ekonomi hingga sosial. Untuk di Sulsel, kerja sama yang telah berjalan dan diharapkan lebih baik lagi meliputi kebudayaan, infrastruktur dan pendidikan.

Olehnya itu, Koichi yang baru tiba di Makassar sejak 11 Maret 2023 ingin merangkul media guna lebih memperkenalkan budaya Jepang di Sulsel. "Saya ingin bekerja sama dengan SINDO Makassar untuk memperkenalkan budaya Jepang, supaya masyarakat di sini bisa lebih memahami kultur Jepang," tuturnya.

Adapun untuk kerja sama infrastruktur, kata dia, sudah banyak perusahaan asal Jepang yang telah memberi kontribusi positif bagi daerah. Diharapkan tentu kerja sama itu dapat meningkat pada masa mendatang. Sedangkan di bidang pendidikan, didorongnya pertukaran pelajar atau mahasiswa.

"Kami juga terus mempromosikan bidang pendidikan, baik itu universitas di sini maupun di Jepang. Diharapkan ke depannya ada pertukaran mahasiswa," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Koichi juga memaparkan proyek potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang menjanjikan. Dengan modal bonus demografi, diperkirakan dalam 10-15 tahun mendatang, perekonomian Indonesia bisa mengalahkan Jepang.

Banyaknya penduduk kategori produktif di Indonesia menjadi potensi untuk menggerakan perekonomian. Berbanding terbalik dengan Jepang yang tren jumlah penduduknya semakin menurun.



Direktur Utama SINDO Media Makassar, Munadhir Mubarak, menyambut baik kunjungan silaturahmi tersebut dan berharap jalinan kolaborasi SINDO Makassar dan Kantor Konsuler Jepang di Makassar dapat lebih baik lagi. Pihaknya siap mendukung program-program positif dari Konsuler Jepang.

"Tentunya kami siap mendukung setiap kegiatan maupun program positif dari Konsuler Jepang. Kami siap berkolaborasi, ya tentu muaranya untuk kebaikan bersama, untuk kemajuan daerah," ungkap Munadhir, didampingi jajaran redaktur saat menerima Koichi di kantornya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru