Lelang Jabatan, Lima Pendaftar Berpotensi Gugur dan Satu Orang Mengundurkan Diri

Gusti Ridani
Senin, 12 Jun 2023 15:19
Lelang Jabatan, Lima Pendaftar Berpotensi Gugur dan Satu Orang Mengundurkan Diri
Lelang jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyisakan 93 nama, dengan berebut delapan instansi (OPD). Foto: Ilustrasi
Comment
Share
MAKASSAR - Lelang jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyisakan 93 nama, dengan berebut delapan instansi (OPD). Saat ini, kelayakan mereka diuji dengan kompetensi dan kapabilitasnya.

Diketahui, Jumat dan Sabtu, 9-10 Juni para peserta mengikuti tes asesmen, kemudian, Minggu, 11 Juni 2023 kemarin, ada tes penulisan makalah.



Kepala Bidang Mutasi dan Promosi BKD Sulsel, Zakiyah Assegaff mengatakan, didua rangkaian tes tersebut, sebanyak lima orang pendaftar tidak ikut serta. Bahkan, satu diantaranya mengundurkan diri.

"Untuk sementara sesuai daftar hadir ada lima orang tidak hadir, dan ada konfirmasinya," ujarnya, Senin (12/6/23).

Di antara alasan yang bermunculan ialah ada yang sedang sakit, ada yang tidak hadir karena keluarganya meninggal, hingga ada yang mundur di tengah jalan. Hanya saja, ia masih merahasiakan kelima nama tersebut.

"Nanti pansel yang akan ambil keputusan seperti apa, apakah ada susulan atau tidak. Kecuali memang yang sudah menyatakan mengundurkan diri," terangnya.

Dua rangkaian tes tersebut, lanjut Zakiyah sejatinya sangat penting untuk diikuti. Sebab, bobot penilaian dari Panitia Seleksi di antaranya hampir setara.



Sehingga, jika tidak ada tes susulan untuk empat orang tersebut, maka meskipun ia mengikuti tes wawancara dan track recordnya bagus, tetap saja peluangnya mengecil, sebagaimana aturan passing grade yang sudah disusun.

"Kriteria penilaiannya makalah 20 persen, asesmen 25 persen, rekam jejak 20 persen, dan wawancara 35 persen," jelas Zakiyah.

Ketua Pansel Lelang Jabatan Pemprov Sulsel, Prof Murtir Jeddawi belum memutuskan langkah apa yang akan diambil pansel terhadap kelima orang yang tidak hadir di dua rangkaian tes tersebut. Kata ia, akan didiskusikan lebih lanjut oleh pansel. Akan tetapi, ia menerangkan bahwa potensi adanya tes susulan itu terbuka.

"Nanti dicek dulu, prinsip memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada ASN untuk ikut," kata Ketua TGUPP Sulsel ini.



Setelah dua rangkaian tes tersebut, proses selanjutnya ialah tes wawancara oleh pansel kepada para peserta lelang jabatan. Akumulasi dari empat kriteria itu nantinya yang akan menentukan bagi pansel siapa saja orang yang sesuai untuk delapan jabatan kepala OPD yang sedang lowong untuk direkomendasikan kepada Gubernur Sulsel.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru