Cerita Mahasiswa Usai Merasakan Magang di Kantor Imigrasi Makassar

Tim Sindomakassar
Rabu, 08 Nov 2023 17:05
Cerita Mahasiswa Usai Merasakan Magang di Kantor Imigrasi Makassar
Seorang mahasiswa magang tampak menemani petugas administrasi di Kantor Imigrasi Makassar baru-baru ini. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Kantor Imigrasi Makassar membuka pintu bagi generasi muda untuk merasakan pengalaman berharga sebagai anak magang. Melibatkan diri dalam tugas sehari-hari yang mengatur administrasi dokumen lintas negara, pemagang memperoleh wawasan unik tentang kehidupan di balik layar.

Setiap tahun, Imigrasi Makassar menerima permohonan magang dari berbagai institusi pendidikan. Mereka dibimbing oleh petugas berpengalaman dan mendapat pelatihan khusus tentang prosedur keimigrasian, tugas-tugas keamanan perlintasan negara, serta aspek-aspek hukum terkait.

Salah satu peserta magang bernama Zidan Patrio dari Universitas Hasanuddin mengungkapkan pengalamannya.

“Magang di Kanim Makassar membuat saya mendapatkan banyak pengalaman menarik dan menjadi lebih mengetahui terkait seluk beluk dunia kerja yang sesungguhnya,” ungkap mahasiswa ini.



Ia juga menyoroti kerja sama tim yang kuat di Kantor Imigrasi. "Saya telah melihat bagaimana tim di sini bekerja dengan sinergi untuk memastikan bahwa prosedur keimigrasian berjalan lancar dan sesuai aturan. Mereka saling mendukung dan berbagi pengetahuan dengan kami, peserta magang," kata dia.

Kepala Kantor Imigrasi Makassar Agus Winarto, menjelaskan pentingnya melibatkan generasi muda dalam upaya peningkatan kualitas layanan.

"Para peserta magang adalah masa depan. Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan mereka dalam bidang keimigrasian. Dengan memberikan pengalaman praktis, kami berharap mereka dapat berkontribusi positif dalam bidang ini di masa mendatang," ungkapnya.

Para peserta magang di Imigrasi Makassar tidak hanya berpartisipasi dalam pekerjaan sehari-hari, tetapi juga berkesempatan untuk menghadiri pelatihan, seminar, dan diskusi tentang isu-isu terkini dalam keimigrasian.

Dalam dunia yang semakin terhubung, peran Kantor Imigrasi dalam menjaga ketertiban dan keamanan terkait lintas batas negara menjadi semakin penting.

Dengan membuka pintu bagi peserta magang, kata Agus, Kantor Imigrasi Makassar tidak hanya mendidik generasi mendatang tentang prosedur keimigrasian, tetapi juga berperan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten dalam memastikan proses lintas batas negara tetap aman.

Melalui pengalaman ini, para peserta magang telah mendapatkan pandangan yang mendalam tentang dunia yang jarang dilihat oleh banyak orang, dan telah membawa pulang pengetahuan berharga yang akan membentuk masa depan mereka dalam dunia keimigrasian. Magang di Kantor Imigrasi Makassar adalah peluang unik untuk merasakan kehidupan di balik layar proses lintas batas negara.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru