Pulang Kampung, Arief Rosyid Serukan Pemimpin Muda Sulsel 'Unjuk Gigi' di Pilkada

Tim Sindomakassar
Jum'at, 08 Mar 2024 19:04
Pulang Kampung, Arief Rosyid Serukan Pemimpin Muda Sulsel 'Unjuk Gigi' di Pilkada
Komandan TKN Fanta, Muhammad Arief Rosyid Hasan, menyerukan para pemimpin muda Sulsel untuk bertarung pada Pilkada mendatang. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Komandan TKN Fanta, Muhammad Arief Rosyid Hasan, kembali ke kampung halaman di Makassar dan Gowa. Selama dua hari, Kamis-Jumat (7-8/3/2024), tampil sebagai pembicara di beberapa forum yang menghadirkan pemuda dan mahasiswa.

Arief yang juga Pengurus PP Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) bahkan didaulat membawakan khutbah Jumat. Arief menyampaikan topik ‘Ajakan Persatuan Pascapilpres’. Arief sesaat setelah pemungutan suara, tepatnya 21 Februari lalu, telah getol menyuarakan persatuan pascapemilu.

Mengundang tim sukses seluruh capres-cawapres, Arief menggelontorkan kampanye, bahwa pemenang pemilu adalah seluruh pemuda Indonesia.

Arief menyampaikan pada khutbahnya, hadits riwayat Bukhari dari Annas bin Malik, “Tidaklah sempurna iman seseorang di antara kalian, sampai a mencintai untuk saudaranya sesuatu yang ia cintai untuk dirinya sendiri." Arief menjelaskan, makna hadist ini adalah saling mencintai dan menghargai pilihan masing-masing.

Tak lupa, Arief juga menekankan, “Tidak ada istilah perang dalam politik. Tidak ada istilah perang dalam Pilpres. Mengutip buku Deliar Noer, kita adalah bagian umat. Kita adalah bagian bangsa,” tutupnya.

Sebelumnya, Arief mengisi kuliah umum di Fakultas Filsafat dan Ushluhuddin UIN Alauddin. Arief membawakan kuliah dengan tema “Transformasi Pascapemilu, Gerbong Muda untuk Indonesia Emas 2045”.

Sehari sebelumnya, pada Kamis (07/05), Arief menjadi salah satu narasumber pada Dialog Kepemudaan “Menata Jalan Emas Menuju Indonesia Emas 2045”. Pada dialog yang diselenggarakan oleh BPD HIPMI Sulsel ini, Arief menjadi narasumber dialog bersama Ketua BPD HIPMI Sulsel Rahmat Manggabarani, politisi perempuan Eshin Usami Nur Rahman, Ketua GP Ansor Makassar Muhammad Rizal Burahman, Ketua PD Muhammadiyah Makassar Awang Darmawan, dan Ketua DPP Komite OSIS Nasional Muhammad Alwi. Dialog dipandu oleh politisi muda Rijal Djamal.

Arief menyampaikan, kontestasi Pilpres 2024 ini banyak membuka persepsi publik tentang pemuda. Arief membawa contoh, Cawapres yang unggul yakni Gibran Rakabuming Raka. “Kita semua sudah melihat, jika anak muda diberi kesempatan, dia pasti bisa.”

Ketua Umum PB HMI 2013-2015 ini juga mendorong kader-kader terbaik HIPMI Sulsel untuk melenggang ke kancah yang lebih tinggi. “Kalau di tingkat pengusaha, tokoh-tokoh senior kita dari Sulsel sudah ada Pak Jusuf Kalla, Pak Aksa Mahmud. Kita doakan Ketum Rahmat untuk mengikuti jejak beliau,” ungkapnya.

Potensi-potensi anak muda Sulawesi Selatan yang akan masuk ke gelanggang kontes elektoral juga disinggung Arief. “Ayo teman-teman muda, jangan lagi kita berada di pinggiran. Mari kita masuk ke gelanggang permainan. Kader-kader muda terbaik Sulsel sudah saatnya kita unjuk gigi. Ramaikan Pilkada, ikutlah kontestasi pemilihan wali kota, pemilihan bupati, ataupun pemilihan gubernur. Mari memberikan yang terbaik untuk kemajuan daerah kita,” ajak Arief.

Selain agenda dialog dan kuliah umum, Arief juga sempat menyambangi beberapa redaksi media massa, yakni redaksi Tribun Timur, dan Harian Fajar. Arief juga menghadiri podcast di Universitas Hasanuddin bersama Unhas TV. Sebelum bertolak kembali ke Jakarta, Arief juga bersilaturahmi dengan beberapa civitas akademika di Unhas.
(TRI)
Berita Terkait
Bawaslu Sulsel Lakukan Monitoring Coklit di Jeneponto, Ini Daftar Temuannya
Sulsel
Bawaslu Sulsel Lakukan Monitoring Coklit di Jeneponto, Ini Daftar Temuannya
Anggota Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad melakukan monitoring pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk pemilihan serentak 2024 beberapa titik di Kecamatan Binamu, Turatea, Batang dan Arungkeke Jeneponto.
Minggu, 07 Jul 2024 16:23
2 Pantarlih Seberangi Sungai Demi Coklit 13 Pemilih di Takalar
Sulsel
2 Pantarlih Seberangi Sungai Demi Coklit 13 Pemilih di Takalar
Dua Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) harus menyeberangi sungai demi melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemilih di Takalar.
Jum'at, 05 Jul 2024 20:00
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pantarlih Betul-betul Coklit di Rumah Pemilih
Sulsel
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pantarlih Betul-betul Coklit di Rumah Pemilih
Anggota Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad menegaskan proses pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit) merupakan dasar tumpuan dari rangkaian proses berdemokrasi. Menurutnya, setiap warga yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, wajib dicoklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) agar tidak ada warga yang terabaikan.
Kamis, 04 Jul 2024 20:34
KPU Luwu Timur Sosialisasi dan Bimtek Penyusunan Daftar Pemilih
Sulsel
KPU Luwu Timur Sosialisasi dan Bimtek Penyusunan Daftar Pemilih
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) terkait Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 Tahun 2024 tentang Penyusunan Daftar Pemilih (PDP) dalam pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati Luwu Timur Tahun 2024.
Kamis, 04 Jul 2024 14:29
Bawaslu Sulsel Kumpulkan Komisioner & Kasek Perkuat Koordinasi Pilkada 2024
Sulsel
Bawaslu Sulsel Kumpulkan Komisioner & Kasek Perkuat Koordinasi Pilkada 2024
Bawaslu Provisi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengumpulkan komisioner dan Kepala Sekretariat 24 kabupaten/kota untuk memperkuat koordinasi dan komunikasi berkaitan kesekretariatan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024.
Kamis, 04 Jul 2024 11:35
Berita Terbaru