Survei Pilkada Lutim Agustus 2024, Ini Potret 3 Paslon Versi Persepsi Syndicate

Tim Sindomakassar
Kamis, 15 Agu 2024 22:02
Survei Pilkada Lutim Agustus 2024, Ini Potret 3 Paslon Versi Persepsi Syndicate
Dalam temuan survei Persepsi Syndicate, yang dilakukan periode 1-7 Agustus 2024, menunjukkan angka signifikan untuk kemenangan Ibas-Puspa. Foto: Istimewa
Comment
Share
LUWU TIMUR - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Luwu Timur (Lutim) 2024bakal diikuti tiga pasangan calon (Paslon).

Tiga paslon tersebut adalah petahana Budiman - Akbar Andi Leluasa, Irwan Bachri Syam – Puspawati Husler, dan Isrullah - Usman Sadik.

Berdasarkan survei terbaru, pasangan Ibas - Puspa menempati urutan teratas, mengalahkan petahana Budiman - Akbar. Lalu di posisi terbuncit ada paslon Isrullah - Usman.

Dalam temuan survei Persepsi Syndicate, yang dilakukan periode 1-7 Agustus 2024, menunjukkan angka signifikan untuk kemenangan Ibas-Puspa.

Pada simulasi kertas suara 3 paslon, yang disampaikan kepada publik untuk mencoblos, pasangan Irwan Bachri Syam – Puspawati Husler memperoleh angka elektabilitas tertinggi dibandingkan dengan pasangan calon lainnya, dengan persentase 45,4%, sedangkan dari sisi kemantapan pilihan terbilang cukup tinggi dengan angka 42,8%.



Sementara elektabilitas petahana Budiman-Andi Akbar Leluasa di angka 33,2%, dengan kemantapan pilihan 27,4%.

"Kemudian elektabilitas pasangan Isrullah-Usman Sadik berada di posisi paling buncit, yakni 8,7% dengan kemantapan pilihan 5,6%," jelas Direktur Utama Persepsi Syndicate, Mudatsir Rasid, dalam rilisnya, Kamis 15 Agustus 2024.

Sedangkan, lanjut dia, responden yang tidak menjawab sebesar 2,5%, dan yang belum punya pilihan atau swing voters masih di angka 10,2%. Sedangkan yang masih ragu akan pilihannya masih ada 21,7%.

Mudatsir menjelaskan, tingginya elektabilitas Ibas-Puspa banyak dipengaruhi oleh penyatuan elektoral mantan bupati Lutim, alm Thorig Husler dan Ibas, setelah memutuskan menggandeng istri alm Husler, Puspawati sebagai calon wakilnya.

"Dari sisi kemantapan pilihan Ibas-Puspa terbilang cukup tinggi dengan angka 42,8%. Itu artinya, loyalitas pemilihnya sulit beralih pilihan ke calon lain," tegas Mudatsir.



Dalam periode pemerintahan Budiman, yang menggantikan alm Thorig Husler, diterpa banyak isu yang mengecewakan pihak Husler.

"Temuan survei menunjukkan 60,2% pemilih Husler di Pilkada lalu, beralih ke paslon Ibas-Puspa," terang dia.

Kemudian dari sisi indikator yang memengaruhi pilihan, responden masih senang dengan kesan pemimpin yang merakyat, dengan persentase di angka 60,7%.

"Selama ini Ibas dikenal selalu turun menyapa masyarakat. Ini berbeda dengan petahana Budiman, yang dikenal jarang menyapa langsung masyarakat kalangan bawah," terangnya.

Sementara itu, dari sisi peta elektabilitas pasangan calon bupati dan wakil bupati (surat suara) berdasarkan gender, Ibas-Puspa mendominasi di pemilih perempuan (40,3%) dan laki-laki hanya di angka 30,7%.

Budiman-Akbar dipilih banyak pemilih laki-laki (20,4%) dan perempuan hanya di angka 17,9%. Sementara paslon Isrullah-Usman dipilih oleh pemilih laki-laki (6,9%) dan perempuan 8,7%.



Sedangkan laki-laki yang merahasiakan pilihan 10,0% dan perempuan (10,1%), serta yang tidak menjawab laki-laki 2,0% dan perempuan 23,0%.

"Sebaran cluster pemilih berdasarkan gender ini diambil seimbang, yakni laki-laki dan perempuan masing-masing 50,0%," terang Mudatsir.

Kemudian di segmen tingkat pendidikan, Budiman-Akbar unggul di pemilih cerdas, yang berpendidikan diploma (30,3%) dan sarjana (38,6%).

Paslon Ibas-Puspa menang di pemilih dengan tingkat pendidikan SMA ke bawah, yang mencapai angka 43,4% di segmen SMA.

"Pada peta persebaran elektabilitas calon Bupati berdasarkan gander dan pendidikan, Irwan Bahcri Syam mayoritas unggul pada sebagian besar pemilih berdasarkan gender dan tingkat pendidikan. Hanya pada lulusan diploma dan sarjana, petahana Budiman unggul," terang Mudatsir.

Tingkat kepercayaan survei elektabilitas bakal calon bupati Lutim ini sebesar 95%. Sedangkan margin of error survei ini kurang lebih 4,9%. Responden sebanyak 400 orang dipilih secara acak dengan multistage random sampling yang diwawancara dengan tatap muka.
(UMI)
Berita Terkait
Bawaslu Lutim Perketat Pengawasan Penggunaan Fasilitas Negara untuk Kegiatan Politik
Sulsel
Bawaslu Lutim Perketat Pengawasan Penggunaan Fasilitas Negara untuk Kegiatan Politik
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Luwu Timur (Lutim) terus meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh bakal pasagan calon (Paslon). Termasuk pengukuhan tim sukses yang kini gencar dilakukan menjelang Pilkada 2024.
Minggu, 15 Sep 2024 13:26
KPU Lutim Gelar Bimtek KPPS, Persiapan Matang Sukseskan Pilkada 2024
Sulsel
KPU Lutim Gelar Bimtek KPPS, Persiapan Matang Sukseskan Pilkada 2024
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam rangka menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024.
Minggu, 15 Sep 2024 12:04
Bawaslu Lutim Ingatkan Bupati Tak Manfaatkan Wewenang Politik di Pilkada 2024
Sulsel
Bawaslu Lutim Ingatkan Bupati Tak Manfaatkan Wewenang Politik di Pilkada 2024
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Luwu Timur, Sukmawati Suaib menegaskan pentingnya netralitas dalam Pilkada 2024, terutama bagi pejabat publik yang memiliki afiliasi politik.
Minggu, 15 Sep 2024 10:23
Survei Pilkada Lutim September 2024: Budiman-Akbar 47,32%, Ibas-Puspa 41,95%
Sulsel
Survei Pilkada Lutim September 2024: Budiman-Akbar 47,32%, Ibas-Puspa 41,95%
Lembaga Script Survei Indonesia (SSI) merilis hasil temuannya di Pilkada Luwu Timur (Lutim) 2024. Mereka memotret dinamika politik masyarakat Kabupaten Luwu Timur jelang Pilkada serentak November mendatang.
Jum'at, 13 Sep 2024 13:51
Ketua KPU Lutim Pantau Rapat Pleno Terbuka DPSHP di Tomoni Timur
Sulsel
Ketua KPU Lutim Pantau Rapat Pleno Terbuka DPSHP di Tomoni Timur
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur, Irfan Lahabu melakukan monitoring terhadap Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) tingkat Kecamatan Tomoni Timur pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur tahun 2024.
Rabu, 11 Sep 2024 18:35
Berita Terbaru