Kemenparekraf Gelar Festival Pesona Kreasi Budaya Soppeng

Reza Pahlevi
Kamis, 16 Mar 2023 20:59
Kemenparekraf Gelar Festival Pesona Kreasi Budaya Soppeng
Festival Pesona Kreasi Budaya Soppeng bertajuk BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) Fest sukses digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Foto: Istimewa
Comment
Share
SOPPENG - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Festival Pesona Kreasi Budaya Soppeng bertajuk BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) sukses digelar pada Meeting Room Triple 8, Kabupaten Soppeng, Kamis (16/3/2023).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI diwakili Rosalin Petrina Kristianti mengatakan, penyelenggaraan event ini merupakan langkah taktis yang bisa dilakukan untuk mempromosikan kekayaan tradisi seni budaya yang juga sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu daerah.

Olehnya itu, diharapkan kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tujuan kegiatan ini tentu untuk menjaga dan melestarikan budaya yang ada.

Baca Juga: Menparekraf Dorong Poltekpar Makassar Perkuat Kolaborasi Sektor Pariwisata

"Utamanya di Soppeng, tentu memiliki banyak potensi pariwisata. Disini kami bermitra dengan Komisi X DPR RI untuk memberikan edukasi dan mendengarkan aspirasi dari masyarakat untuk peningkatan kualitas ekosistem suatu daerah," ujarnya.

Menurutnya hal hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan suatu event yaitu harus sesuai dengan kebutuhan audiens. Serta perlu dikemas dengan baik agar menjadi daya tarik wisata yang bernilai tinggi dan menjadi sarana promosi pariwisata destinasi di tingkat nasional maupun internasional.

"Kita mesti melek teknologi sehingga dapat menjangkau segala generasi agar penyelenggaraan event yang berkelanjutan dan memberikan manfaat positif bagi lingkungan, budaya maupun ekonomi lokal," ucap Petrina

Wakil Bupati Soppeng, Lutfi Halide menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan BISA Fest Tahun 2023 di Bumi Latemmamala.



"Di mana hal ini sejalan dengan visi dan misi kita yakni Soppeng yang lebih Melayani, Maju dan Sejahtera," ujarnya.

Ia mengatakan, bahwa Kabupaten Soppeng merupakan salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan yang mengalami peningkatan ekonomi pada masa Pandemi Covid-19 dibandingkan dengan Kabupaten lain.

"Semua terjadi berkat sinergi dan kerjasama Bupati Soppeng dan seluruh jajarannya, karena ini merupakan tanggung jawab kami selaku pelayan masyarakat," ucap Lutfi.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat mendorong para generasi milenial untuk mengambil peran dalam setiap aktivitas terutama dalam pengembangan daerah yang kita cintai ini.

"Setelah ini, ada kegiatan atau pelatihan yang dilakukan secara rutin mengingat banyak potensi yang dapat dikembangkan di daerah," harapnya.

Anggota DPR RI Komisi X, H Andi Muawiyah Ramly, mengatakan kedatangannya di Sulsel khususnya di Kabupaten Soppeng merupakan hal yang luar biasa. Dimana ia juga merupakan salah satu putra Sulsel.



"Hari ini kita melaksanakan kegiatan BISA Fest yang merupakan kesempatan bagi kita semua untuk berdialog dengan Narasumber yang luar biasa," tuturnya

Ia juga menghimbau agar pertemuan ini bukan hanya sekedar pertemuan tapi ada kegiatan lanjutan yang dilakukan serta merancang sebuah program kegiatan lainnya.

"Tugas kami di DPR yaitu mengwasi dan membuat anggaran, jadi jika ada aspirasi silahkan disampaikan kepada kami," tegasnya.

Dalam kegiatan Festival Pesona Kreasi Budaya Soppeng Kemenparekraf menghadirkan Ardiansyah sebagai nara sumber yang akan membagikan ilmunya agar kita dapat menciptakan suatu event yang berkualitas di Kabupaten Soppeng.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru