PLN Peduli Hadirkan Air Bersih untuk 392 KK di Jeneponto

Tri Yari Kurniawan
Jum'at, 13 Sep 2024 13:15
PLN Peduli Hadirkan Air Bersih untuk 392 KK di Jeneponto
PLN UIP Sulawesi melalui program PLN Peduli berkolaborasi dengan Yayasan TLKM untuk menjalankan kegiatan TJSL penyediaan air bersih di dua desa di Kabupaten Jeneponto. Foto/Dok PLN
Comment
Share
JENEPONTO - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi melalui program PLN Peduli berkolaborasi dengan Yayasan Tim Layanan Kehutanan Masyarakat (TLKM) untuk menjalankan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Program ini bertujuan menyediakan air bersih di Desa Bangkala Loe, Kecamatan Bonto Ramba, dan Desa Mallasoro, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto. Total penerima manfaat dari program ini adalah 392 Kepala Keluarga (KK).

Ketua Tim Pelaksana TLKM, Andi Gunawan Pratama, menjelaskan Jeneponto merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang setiap tahun mengalami krisis air bersih, terutama pada musim kemarau.

“Kekeringan telah terjadi selama empat tahun terakhir dan baru-baru ini melanda desa yang mayoritas penduduknya adalah petani,” ujarnya.

Andi Gunawan menambahkan di Desa Bangkala Loe sudah ada Pamsimas yang mengelola sumber air. Namun beberapa dusun masih mengalami kesulitan air bersih karena jaraknya sekitar 2 kilometer dari sumber air, sehingga pasokan tidak mencukupi.

Selain Desa Bangkala Loe di Kecamatan Bonto Ramba, ada juga Desa Mallasoro di Kecamatan Bangkala yang mengalami krisis air bersih. Warga desa harus membeli air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Saat ini memang terdapat beberapa titik sumur bor tapi debit air yang dikeluarkan sangat kecil, sehingga pada musim kemarau ada beberapa dusun yang sulit mendapatkan air bersih, ditambah belum adanya program Pamsimas di desa tersebut.

"Hal ini yang mendorong PLN dan TLKM berkolaborasi untuk menyediakan air bersih dengan membangun dua sumur bor beserta fasilitas pendukungnya. Program bantuan air bersih ini diawali dengan kegiatan Sosialisasi serta Forum Group Discussion (FGD) bersama pemerintah dan warga desa setempat untuk memastikan program ini dapat dijalankan secara berkelanjutan," jelas Gunawan.

Pj Bupati Jeneponto, Junaedi, mengapresiasi bantuan penyediaan air bersih yang diberikan PLN kepada masyarakat Jeneponto. Menurutnya air bersih menjadi salah satu isu di beberapa desa di Kabupaten Jeneponto, khususnya di lokasi desa yang menjada sasaran PLN.

"Pemilihan lokasi bantuan air bersih oleh PLN sudah sangat tepat. Untuk itu, mewakili masyarakat, kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Semoga dengan adanya bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat," ujar Junaedi.

Senior Manager (SRM) Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi UIP Sulawesi, Nur Akhsin, mengungkapkan bantuan air bersih ini merupakan salah satu program prioritas PLN Peduli di tahun 2024.

Selain sebagai bentuk implementasi prinsip ESG PLN, program ini merupakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan UIP Sulawesi terhadap masyarakat di sekitar pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di Jeneponto.

"Harapannya program ini senantiasa dapat memberikan kemanfaatan dan kami juga memohon doa serta dukungan dari seluruh stakeholder baik dari pemerintah hingga masyarakat untuk kelancaran pekerjaan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dari pembangkit di Punagaya Kabupaten Jeneponto ke Kabupaten Bantaeng yang sedang dilaksanakan PLN," tutupnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru