Petani Cengkeh Curhat di Luwu, Danny-Azhar Akan Stabilkan dan Sejahterakan

Tim Sindomakassar
Sabtu, 19 Okt 2024 13:09
Petani Cengkeh Curhat di Luwu, Danny-Azhar Akan Stabilkan dan Sejahterakan
Ratusan warga, Kecamatan Larompong menyambut kedatangan Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad di Desa Lumaring, Kabupaten Luwu, Sabtu (19/10/2024) pagi. Foto: Istimewa
Comment
Share
LUWU - Ratusan warga, Kecamatan Larompong menyambut kedatangan Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad di Desa Lumaring, Kabupaten Luwu, Sabtu (19/10/2024) pagi.

Kedatangan Azhar di Larompong yang turut didampingi Sekretaris DPW PKB Sulsel, Muhammad Haekal, Anggota DPRD Sulsel Fraksi PKB, Zulfikar Limolang merupakan hari pertamanya kampanye di Tana Luwu.

Selain ratusan warga Larompong yang menyambut Azhar, Anggota DPRD Luwu dari PKB, Aripin yang merupakan basisnya di Larompong.

Kemudian ada Ketua DPC PKB Luwu, Anton bersama jajaran pengurusnya dan Ketua Tim Teman Baik, Asimin.

Saat sambutan, Zulfikar Limolang mengatakan kepada warga Larompong kalau Azhar merupakan sosok yang selalu memperjuangkan hak-hak rakyat, sejak dari mahasiswa hingga menjadi anggota DPRD Sulsel.

"Figur pak Azhar betul-betul dari bawah, anak desa. Mulai dari mahasiswa sebagai aktivis selalu memperjuangkan hak-hak masyarakat, hingga sekarang," kata Zulfikar.

Selain itu, sebagai Anggota DPRD Luwu yang terpilih di daerah tersebut, Aripin menggambarkan kepada Azhar terkait masalah yang nyata dihadapi masyarakat Larompong.



Ia menerangkan jaringan internet tidak ada di Desa Lumaring yang tidak lain lokasi kunjungan Azhar. Tak hanya itu, masalah yang lain juga terdapat pada akses jalan menuju kebun warga, karena mayoritas warga Larompong mengeyam kesehariannya sebagai petani cengkeh.

"Harapan masyarakat sangat butuh jaringan internet, karena di sini kami hanya pakai wifi itupun kandang-kandang putus, bukan hanya itu pak Haji (sapaan akrab Aripin kepada Azhar) akses jalan menuju kebun cengkeh juga tidak baik sedangkan itu mata pencaharian warga," terang Aripin.

Bukan hanya perkara internet dan ekses jalan, masalah yang krusial juga terdapat di harga panen cengkeh yang tidak stabil. Aripin mengakui mulai dari harga 300 ribu perkilo, bahkan bisa jatuh ke harga 80 ribu perkilo.

"Warga di sini 90% persen petani cengkeh, juga harga petani di sini tidak stabil, dari harga 300 ribu bisa sampai 80 ribu," lanjut Aripin.

Kemudian Azhar saat berbicara, tujuan ia datang desa ke desa untuk melihat langsung masalah yang dihadapi masyarakat seperti yang digambarkan oleh Aripin.

Azhar bercerita sewaktu menjadi Anggota DPRD Sulsel, ia telah membuat Peraturan Daerah (Perda) terkait percepatan pembangunan fasilitas desa, namun tidak diterbitkan di Peraturan Gubernur (Pergub) sehingga tidak dapat terealisasi.

"Hadirnya saya di desa-desa untuk melihat langsung masalah masyarakat. Waktu di DPRD, saya buat Perda fasilitasi percepatan pembangunan desa namun tidak dibuatkan Pergub. Pemerintah kadang-kadang memberikan bibit, tapi ketika panen pemerintah dimana kemarin-kemarin disaat petani menderita dengan dibeli murah harga panennya?," ucap Azhar di hadapan ratusan masyarakat Larompong.



Namun hal itu tidak menghalangi pasangan Danny-Azhar (DIA) untuk memberikan program 200 juta perdesa sebagai dana pengembangan potensi sumber daya yang ada di setiap desa jika nanti dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel.

"Di sinilah saya hadir sudah sepakat dengan pak Danny untuk membeli harga panen dengan layak di masyarakat. Tidak boleh lagi ada desa tidak ada internet nya, karena itu yang bisa membuka lebih lebar interaksi sosial kita. Saya bersama pak Danny sudah programkan minimal 200 jt setiap desa untuk mengembangkan potensi sumber dayanya," lanjut Azhar.

Terkait harga panen petani yang tidak stabil, Azhar telah berkomitmen bersama Danny Pomanto untuk membeli hasil panen petani dengan harga layak melalui pemerintah Provinsi jika nantinya menang di Pilgub Sulsel.

"Saya bersama pak Danny telah merumuskan bagaimana di kota tidak menderita dengan tingginya harga, dan masyarakat desa tetap sejahtera dengan hasil pertaniannya maupun hasil perkebunannya," jelas Azhar Arsyad yang juga mantan Anggota DPRD Sulsel periode 2014-2024.

Atas hal itu, Ismul salah seorang warga Larompong berharap besar agar Danny-Azhar (DIA) menang di Pilgub Sulsel. Sehingga program yang telah disusun dapat terealisasi dengan cepat.

"Alhamdulillah yang disampaikan pak Azhar sangat memuaskan dan sangat meyakinkan kalau dia seorang pemimpin yang bisa membantu masyarakat.
Semoga bisa pak Danny-Azhar nanti jadi Gubernur, bisa dijalankan sesuai apa yang disampaikan," ucap Ismul warga Desa Kambo, Kec. Larompong, Kab. Luwu.

Masih ditempat yang sama, Sofyan mantan Kepala Desa Bukit Sutra, selama dua periode menitip harapan kepada DIA yang mengusung perubahan lebih baik di wilayahnya.

Kata Sofyan ada 3 persoalan yang menjadi kebutuhan masyarakat. Seperti sarana infrastruktur, pertanian dan akses jaringan yang tidak tersentuh.

"Masih ada desa disini belum merdeka akses jalan. Kedua Petani sulit kalua jalan tidak bagus. 3 akses jaringan, inilah harapan yang kami titipkan untuk perubahan," katanya.

Harapan inilah yang menjadi alasan baginya untuk allout memenangkan DIA di Luwu khususnya di Larompong.

"Kalau kami menangkan, kami juga akan tagih janjinya untuk memperhatikan. Kami all out ke beliau," tutupnya.
(UMI)
Berita Terkait
Mandek Pasca Prof NA, Danny-Azhar Diminta Lanjutkan Jalan Seko Jika Terpilih
Sulsel
Mandek Pasca Prof NA, Danny-Azhar Diminta Lanjutkan Jalan Seko Jika Terpilih
Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Luwu Utara (Lutra) yang juga Anggota DPRD Riswan Bibbi mengumpulkan masyarakat dalam rangkaian kampanye dialogis calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad, Minggu (20/10/2024) malam.
Senin, 21 Okt 2024 09:44
Survei Pilgub Sulsel di Makassar: Elektabilitas DIA dan Andalan Hati Sisa 2%
Sulsel
Survei Pilgub Sulsel di Makassar: Elektabilitas DIA dan Andalan Hati Sisa 2%
Lembaga Parameter Publik Indonesia (PPI) merilis hasil survei untuk Pilwakot Makassar. Dalam risetnya, turut disertakan tingkat elektabilitas dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel 2024, khusus di Kota Makassar.
Minggu, 20 Okt 2024 22:03
Prabowo-Gibran Resmi Dilantik, Cagub Andi Sudirman: Selamat Bekerja Pak Presiden
Sulsel
Prabowo-Gibran Resmi Dilantik, Cagub Andi Sudirman: Selamat Bekerja Pak Presiden
Calon Gubernur Sulsel 02, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan selamat bekerja kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang telah resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.
Minggu, 20 Okt 2024 15:42
All Out Menangkan DIA di Pilgub, PKB Bulukumba Siap Berikan Perlawanan
Sulsel
All Out Menangkan DIA di Pilgub, PKB Bulukumba Siap Berikan Perlawanan
Anggota DPRD Kabupaten Bulukumba dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syamsir mengakui lawan di kontestasi Pilgub Sulsel cukup kuat. Namun PKB yang mengusung Moh Ramdhan Danni Pomanto-Azhar Arsyad (DIA) akan memberi perlawanan di Kabupaten Bulukumba.
Minggu, 20 Okt 2024 13:51
Berkunjung di TPI Palopo, Azhar Arsyad Terima Aspirasi Pedagang dan Nelayan
Sulsel
Berkunjung di TPI Palopo, Azhar Arsyad Terima Aspirasi Pedagang dan Nelayan
Calon Wakil Gubernur Sulsel, Azhar Arsyad mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang berada di Kelurahan Ponjalae, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, Minggu (20/10/2024) pagi.
Minggu, 20 Okt 2024 09:25
Berita Terbaru