Daftar Bacaleg, Kader PAN dan Ummat Bertemu di Halaman KPU Sulsel

Ahmad Muhaimin
Sabtu, 13 Mei 2023 22:55
Daftar Bacaleg, Kader PAN dan Ummat Bertemu di Halaman KPU Sulsel
Kader PAN dan Ummat Sulsel saat menunggu di halaman KPU Sulsel. Foto: Sindo Makassar
Comment
Share
MAKASSAR - Pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Provinsi di Sulsel diwarnai momen menarik. Kader PAN dan Ummat malah bertemu di halaman KPU Sulsel.

Baik PAN dan Ummat sama-sama datang ke KPU Sulsel pada Sabtu, 13 Mei 2023 siang hari. Jadwal pengajuan Bacaleg mereka memang hampir bersamaan.

Partai Ummat dijadwalkan memasukkan berkas Bacaleg pada pukul 13.30 WITA. Sementara PAN punya jadwal pada pukul 14.00 WITA.

Makanya, kedatangan mereka juga hampir bersamaan. Kader dan Ketua Ummat yang datang langsung masuk ke halaman KPU Sulsel. Mereka menunggu antrian di sana. Karena KPU Sulsel masih melayani pengajuan Bacaleg PBB di dalam ruangan.

Tak berselang lama, rombongan PAN Sulsel datang. Kedatangan mereka jauh lebih banyak. Mereka bahkan datang sambil diiringi musik. Membuat suasana makin riuh.

“Kami juga tidak tahu jadwal kita hampir bersamaan. Karena yang atur jadwal kan LO (Liaison Officer),” kata Jubir DPW Ummat Sulsel, Syahruddin Yasen yang ditemui di lokasi.



Terlihat Ketua DPW Ummat Sulsel, Abdul Hakim memilih masuk ke kantor KPU Sulsel. Ia sendirian bergegas ke ruang tunggu.

Sementara itu, dipimpin langsung Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi, mereka hendak memasuki kantor KPU Sulsel. Namun rombongan ini ditahan pihak pengamanan. Sebab masih ada PBB yang juga menunggu di dalam.

Mendengar perkataan pihak pengamanan KPU, Kahfi meminta kader PAN Sulsel untuk menahan diri. “Semuanya mundur dulu,” ucap Kahfi kepada rombongannya.

Di sini lah kader PAN dan Ummat bertemu. Mereka diminta menunggu di halaman KPU Sulsel, yang telah disediakan tempat duduk dan tenda.

Asal tahu saja, Partai Ummat ialah pecahan dari Partai PAN. Tak sedikit pengurus Ummat Sulsel, ialah kader PAN sebelumnya yang dipimpin Kahfi selama 4 periode.

Sejarahnya, Partai Ummat dibentuk oleh Amien Rais. Partai ini didirikan karena Amien mengaku dikeluarkan dari partai yang dipimpin Zulkifli Hasan itu. Sementara Amien juga ialah salah satu tokoh yang mendirikan PAN di era reformasi.

Dalam suasana menunggu itu, beberapa kader PAN dan Ummat saling ngobrol. Wajar saja, mereka memang teman seperjuangan saat sama-sama di PAN. Sebelum Partai Ummat ada.

Seperti saat kader PAN, Andi Irwandi Natsir berbincang dengan kader Ummat perempuan. “Bedami baju ta kita’,” ucap anggota DPRD Sulsel ini sambil menunjuk baju kader Ummat yang berwarna hitam.

“Tidak ji, baju memang beda. Tapi perjuang tetap sama,” jawab kader Ummat perempuan itu, menjawab candaan Irwandi.

Tak berselang lama, rombongan PKB Sulsel datang. Meski mereka datang belakangan, namun Azhar Arsyad dkk masuk ke ruang tunggu lebih dulu.



Sebab jadwal mereka lebih cepat dari PAN dan Ummat yakni pukul 13.00 WITA. Rombongan PAN dan Ummat pun harus menunggu lebih lama lagi.

Setelah PKB masuk mengajukan Bacaleg, PAN yang berada di ruang tunggu. Meski jadwal mereka belakangan dari Ummat. Sementara Ummat masih tetap berada di halaman KPU.

“Itu saudara tua kita (PAN). Kita ini kan saudara muda, karena kita (parpol) masih baru,” celetuk kader perempuan dari Ummat yang sedang ngobrol dengan temannya.

Hingga pada akhirnya, PAN masuk mengajukan Bacaleg ke KPU pada pukul 15.00 WITA. Sementara Ummat masuk ruangan pukul 15.37 WITA.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru