Apresiasi Guru, PGRI Parepare Gelar Festival Aksi Nyata

Darwiaty Dalle
Minggu, 28 Mei 2023 17:34
Apresiasi Guru, PGRI Parepare Gelar Festival Aksi Nyata
Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Parepare bersama Pemkot Parepare menggelar sejumlah kegiatan yang dirangkai dalam pagelaran Festival Aksi Nyata (Feksakta). Foto/Darwiaty Dalle
Comment
Share
PAREPARE - Masih dalam rangkaian bulan pendidikan, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Parepare bersama Pemkot Parepare menggelar sejumlah kegiatan yang dirangkai dalam pagelaran Festival Aksi Nyata (Feksakta).

Ketua SLCC PGRI Parepare, Thamrin, mengatakan kegiatan diawali dengan Workshop Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Lomba Penyajian Aksi Nyata hingga malam Anugerah Merdeka Belajar.



Kegiatan ini, kata dia, diinisiasi untuk memberikan motivasi dan apresiasi bagi guru yang telah berdedikasi dalam menerapkan dan menyebarkan pemahaman tentang program merdeka belajar.

"Para guru yang ikut dalam kegiatan mempresentasikan kurikulum merdeka, baik kepada murid maupun sesama guru. Setelah divalidasi oleh panitia, selanjutnya peserta dipanggil untuk mempresentasikan aksi nyata yang telah dilakukannya di hadapan dewan juri.

Pada guru yang ikut menjadi peserta diantaranya dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA/SMK, yang mempresentasikan aksi nyatanya di hadapan tim juri. "Ada tiga kategori penilaian yaitu Aksi Nyata belum diterapkan, Belum Divalidasi, dan Aksi Nyata Telah Divalidasi," ujarnya.

Ketua PGRI Kota Parepare, HM Makmur, sekaligus penggagas Feksakta mengatakan, kegiatan adalah upaya memeriahkan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 dengan mengusung tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar di kota cinta.



Feksakta juga menjadi sebuah upaya PGRI Parepare berkolaborasi dengan Pemkot Parepare dan mitra untuk turut serta mengambil peran baik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Belajar (IKM) dan Platform Merdeka Belajar (PMM).

"Ada beberapa kegiatan yang kita gelar seperti Pesantren PMM, Workshop Berbagi Praktik Baik, Lomba Aksi Nyata, Workshop Teknologi Pembelajaran (Canva dan Quiziz), Malam Anugerah PGRI Kota Parepare, dan Pidato Pendidikan," tandasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru