Hari Jadi Maros ke 64, Gubernur Sulsel Serahkan Rp8 Miliar Bantuan Keuangan

Najmi S Limonu
Selasa, 11 Jul 2023 18:14
Hari Jadi Maros ke 64, Gubernur Sulsel Serahkan Rp8 Miliar Bantuan Keuangan
Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memberikan hadiah untuk Kabupaten Maros, yang menggelar syukuran Hari Jadi ke-64 Kabupaten Maros yang dilaksanakan di Lapangan Pallantikang. Foto: ist
Comment
Share
MAROS - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memberikan hadiah untuk Kabupaten Maros, yang menggelar syukuran Hari Jadi ke-64 Kabupaten Maros yang dilaksanakan di Lapangan Pallantikang, Selasa (11/7/2023).

Gubernur Sulsel, memberikan bantuan keuangan sebesar Rp8 Miliar. "Bantuan ini akan diperuntukkan pengantisipasian banjir. Karena kan tiap tahun Maros dilanda banjir,” ujarnya.



Tak hanya itu kata dia, Pemprov Sulsel juga akan melakukan pengerukan di sungai Maros, mengingat sedimen lumpur di muara cukup tinggi. "Sungai Maros itu sedimennya sangat tinggi. Makanya dari anggaran itu akan diambil biaya untuk pengerukan sedimen," ujarnya.

Terkait pengembangan wisata, pihaknya juga akan menperbaiki fasilitas wisata di Maros. “Tapi nantilah kita akan diskusikan lagi, lihat mana yang lebih prioritas dan yang paling urgent untuk masyarakat,” tutupnya.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengatakan, perayaan hari jadi Maros kali ini cukup istimewa, karna Geopark Maros Pangkel telah ditetapkan sebagai UNUSCO Global Geopark.

“Maros lebih dikenal lagi karena sudah masuk dalam Geopark Maros Pangkep dan menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark, dan juga menjadi lumbung untuk pembenihan di wilayah Mamminasata dan Ajatappareng dan kemudian proses pembenihan Mandiri ada di Kabupaten Maros,” ujarnya.



Di hadapan gubernur dia juga menegaskan pemerintahannya telah berjalan dengan baik. “Indek Pembangunan Manusia (IPM) menungkat 71,00 poin. Kemiskinan menurun menjadi 9,43 persen. Pengangguran terbuka juga menurun menjadi 5,04 persen,” jelasnya.

Selain itu, berbagai pernghargaan juga telah diraih pemerintah Kabupaten Maros tahun ini. Mulai dari akuntabilitas kinerja pemerintahan, pengharagaan adipura, UHC award hingga WTP tang ke 11 kalinya dengan 10 kali berturut-turut.

Kemudian terkait bantuan keuangan dari Provinsi ia mengaku pihaknya akan mengeruk muara sungai maros yang selama ini menjadi sumber banjir.

“Kita juga akan ke balai sungai untuk meminta ijin untuk merencanakan proses pengerukan sungai tersebut,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya seluruh tamu yang hadir menggunakan baju adat khas Bugis Makassar. Mereka juga dihibur dengan atraksi Pesawat Sukoi dari Personel TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru