IAIN Parepare Gelar KKN Nusantara Moderasi Beragama, Diikuti 52 PTK se-Indonesia

Darwiaty Dalle
Rabu, 12 Jul 2023 17:23
IAIN Parepare Gelar KKN Nusantara Moderasi Beragama, Diikuti 52 PTK se-Indonesia
Pelepasan ratusan peserta KKN Moderasi Beragama di Auditorium IAIN Parepare. Foto: SINDO Makassar/Darwiaty Dalle
Comment
Share
PAREPARE - IAIN Parepare menggelar KKN Nusantara Moderasi Beragama se-Indonesia. KKN akan berlangsung dari 12 Juli sampai 26 Agustus 2023. Kegiatan dikoordinir Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.

Rektor IAIN Parepare Hannani mengatakan, KKN ini diikuti 52 Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) se-Indonesia dengan jumlah peserta sebanyak 324. Kegiatan mengambil lokasi di sejumlah wilayah yang ada di Tana Toraja.

"Penempatan pelaksanaan KKN Moderasi Beragama dipilih karena memiliki unsur masyarakat yang homogen dan heterogen," kata Hannani saat melepas peserta KKN Moderasi Beragama di Auditorium IAIN Parepare.



Kepada mahasiswa, Hannani berpesan agar tetap menerapkan prinsip macca na malempu Warani na magetteng (pintar dan berani siap menanggung beban dari tanggung jawabnya serta konsisten terhadap apa yang dipercayakan kepadanya).

"Prinisip dari falsafah Bugis ini patut menjadi warisan budaya," ujarnya.

Hannani menambahkan, KKN merupakan kegiatan yang dilaksanakan dengan kesadaran bahwa keberagaman perlu dikembalikan pada fundamental, sebagai guide spiritualitas dan moralitas bukan hanya sekadar pada sisi ritual formalistik.



"Moderasi beragama sebagai cara pandang, sikap dan perilaku dalam beragama secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrim, baik ektrim kanan maupun ekstrem kiri. Moderasi beragama ini menjadi salah satu solusi menciptakan kehidupan beragama yang damai dan rukun di Indonesia," Hannani memaparkan.

Sementara Kepala Subdirektorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Kementerian Agama RI Muhammad Aziz Hakim mengatakan, KKN Moderasi Beragama merupakan implementasi yang dilakukan oleh melalui KKN Moderasi Beragama.

Kegiatan ini, kata Aziz, bertujuan memperkuat komitmen, kesadaran, dan implementasi secara nyata dalam proses interaksi di masyarakat terhadap nilai-nilai moderasi beragama.



“Jadikan KKN Nusantara ini bernilai, baik bagi adik-adik mahasiswa, maupun masyarakat. Kami Direktorat Pendidikan Islam berterima kasih kepada IAIN Parepare karena menjadi penyelenggara KKN Nusantara ini,” tandasnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru