Prodi Agribisnis Peternakan Polipangkep Lolos Program Competitive Fund

Tim Sindomakassar
Sabtu, 23 Sep 2023 19:25
Prodi Agribisnis Peternakan Polipangkep Lolos Program Competitive Fund
Workshop Formulasi Pakan dan Model Pengembangan Budidaya Ayam Broiler Probal di Hotel Premier Makassar tanggal 23 – 24 September 2023. Foto: Istimewa
Comment
Share
PANGKEP - Polipangkep berhasil meraih penganugerahan Merdeka Belajar kategori Pendidikan Tinggi Vokasi sebagai penyelenggara Program Competitive Fund Terbaik 2023. Ini merupakan program Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Program ini merupakan bantuan untuk meningkatkan kinerja perguruan tinggi, terutama tata kelola dan kemitraan, meningkatkan inovasi dan wahana pembelajaran melalui Project Based Learning (PBL), serta mengembangkan kampus merdeka mandiri yang mendorong pendidikan tinggi vokasi melakukan transformasi.

Prodi Sarjana Terapan Agribisnis Peternakan merupakan salah satu Program Studi di Polipangkep yang berhasil memenangkan program Competitive Fund Vokasi Tahun 2023.

Kegiatan pertama yang dilaksanakan adalah Workshop Formulasi Pakan dan Model Pengembangan Budidaya Ayam Broiler Probal di Hotel Premier Makassar tanggal 23 – 24 September 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari aktivitas tata kelola dan kemitraan.



Workshop Formulasi Pakan dan Model Pengembangan Budidaya Ayam Broiler Probal ini menghadirkan narasumber Ir Nanung Danar Dono, dosen Fakultas Petenakan Universitas Gadjah Mada, Pembantu Direktur III, Sekertaris Hibah Institusi, Ketua SPI, TIM SPMI Polipangkep, dan para peserta workshop yaitu dosen dan PLP Jurusan Peternakan Polipangkep.

Kegiatan pembukaan workshop diawali sambutan Ketua Tim Pelaksana Alima Bachtiar Abdullahi, Ketua Program Studi Agribisnis Peternakan. Ia menyampaikan terima kasih kepada Nanung atas kesediaannya menjadi narasumber.

Dalam sambutannya, Alima mengatakan bahwa ke depan akan dilanjutkan dengan sub kegiatan lainnya yaitu Benchmarking ke Industri Ayam Broiler Probal, Peningkatan Kulaitas pembelajaran, Peningkatan Kompetensi Dosen dan Tendik Bidang Formulator Pakan, Peningkatan Kompetensi Dosen dan Tendik Bidang HACCP Peternakan, Peningkatan Kompetensi Dosen dan Tendik Bidang Digital Marketing, dan pengembangan pembelajaran di laboratorium.

Pembantu Direktur III Politani Pangkep Nur Rahmawaty Arma dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan hari ini. Ia juga menjelaskan raihan-raihan yang diperoleh Polipangkep erat kaitannya dengan transformasi pendidikan tinggi vokasi agar makin responsif dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil dan mumpuni di industri serta meningkatkan partisipasi mitra industry.



Salah satunya raihan yang diuraikan Nur Rahmawaty adalah partisipasi Polipangkep mensukseskan program-program yang diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yaitu program Competitive fund.

Nanung Danar menyampaikan materi yang menarik, inspiratif, dan dibawakan dengan sangat atraktif. Materi terkait pemanfaatan herbal sebagai probiotik alami untuk meningkatkan produktivitas ternak disampaikan dengan gaya yang khas yang mampu mengundang gelak tawa para peserta dan pemahaman yang tinggi terkait materi tersebut.

Selain itu, Nanung juga membuka sesi diskusi yang mampu membuat suasana workshop menjadi lebih komunikatif.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru