Pengangguran Tembus Angka 10 Ribu, Pemkab Maros Gelar Job Fair

Najmi S Limonu
Senin, 09 Okt 2023 22:16
Pengangguran Tembus Angka 10 Ribu, Pemkab Maros Gelar Job Fair
Pemkab Maros bakal menggelar job fair sebagai upaya untuk menekan angka pengangguran. Foto/Ilustrasi
Comment
Share
MAROS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros akan menggelar job fair 19-20 Oktober mendatang di Kantor Mal Pelayanan Publik.

Kabid Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal, Pelayan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan, Darwansyah, mengatakan pada job fair mendatang ada sekitar 20-an perusahaan yang akan bergabung.

“Untuk sementara ada 300 lowongan yang disediakan. Semuanya itu tersedia dari sekitar 20 perusahaan," katanya, Senin (9/10/2023).

Dia mengatakan, perusahaan yang bergabung di job fair adalah perusahan yang beroperasi di Maros. “Namun, sebagaian juga ada yang di Makassar tapi itu hanya kantor pusatnya. Misalnya, Alfamart dan Indomaret kita masih berusaha untuk konfirmasi,” ujarnya.

Dengan adanya job fair ini, dia berharap bisa membantu para job seeker untuk mendapatkan pekerjaan. "Kami berharap dengan adanya job fair ini bisa menekan angka penagngguran,” tuturnya.

Dia mengatakan, saat ini angka pengangguran di Maros telah menyentuh angka 10.000 orang. Makanya berbagai carapun dilakukan pihaknya untuk mengurangi angka pengangguran di Maros.

Dia mengklaim tingginya angka pengangguran di Maros disebabkan oleh populasi yang juga terus meningkat.

"Juga terbatasnya perusahaan yang merekrut tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi di Maros. Kompetensi tenaga kerja kita juga masih rendah. Sehingga perusahaan juga akan sulit memasukkan mereka ke pasar kerja,” terangnya.

Tak hanya itu, Pemkab Maros juga melakukan kerjasama dengan balai latihan kerja. Pihaknya juga saat ini tengah merancang pembangunan workshop alat berat dan pertanian di Tompobulu.

Kita juga punya program dengan kementrian. Kemudian MoU dengan PT sin untuk tenaga kerja ke Jepang,” imbuhnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru