Idrus Marham Minta Alumni UIN Alauddin Bantu Pertahankan Akreditasi Unggul

Luqman Zainuddin
Jum'at, 19 Apr 2024 17:06
Idrus Marham Minta Alumni UIN Alauddin Bantu Pertahankan Akreditasi Unggul
Ketua Umum BPP IKA UIN Alauddin Makassar Idrus Marham. Foto: Istimewa
Comment
Share
GOWA - Ketua Umum BPP IKA UIN Alauddin Makassar Muhammad Idrus Marham meminta alumni membantu kampus mempertahankan akreditasi Unggul.

Menurut Idrus Marham, salah satu indikator penilaian akreditasi unggul adalah kiprah dan jejak alumni. Semakin besar pengaruh alumni, maka semakin kuat pula penilaian akreditasi kampus.

Oleh karena itu, Idrus Marham meminta alumni di manapun berada, bisa menjadi individu yang berpengaruh. Salah satu caranya menurut dia adalah menjaga tiga penampilan.

Pertama kata Idrus adalah penampilan fisik. Alumni UIN Alauddin tak boleh tampil lusuh. Agar tidak demikian, alumni UIN harus sejahtera.



"Bagaimana jadi contoh (jika lusuh). Penampilan fisik harus solid. Supaya secara fisik kita bisa tampil, teorinya sebenarnya alumni tidak boleh miskin," kata Idrus Marham dalam sambutannya pada halalbihalal IKA UIN Alauddin, Jumat (19/4/2024).

Kedua adalah penampilan visi. Setelah memiliki fisik, maka selanjutnya adalah penampilan visi. Sebab, percuma penampilan fisik, tapi tak ada pemikiran. Sementara yang terakhir adalah penampilan nilai.

Tiga penampilan ini kata Idrus adalah modal untuk menjadi sosok yang berpengaruh di lingkungan sosial.

"Dalam rangka mempertahanlan akreditasi, alumni di manapun berada, harus mempengaruhi, paling tidak sesuai, jangan sampai dipengaruhi dan berbeda," pungkas dia.



Sementara Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Dr Hamdan berharap, kegiatan ini mampu melahirkan empati dari IKA dan UIN Alauddin Makassar. Selain itu Prof Hamdan juga mengumumkan bahwa UIN Alauddin Makassar berhasil meraih predikat Akreditasi Unggul.

"Harus kita ketahui bahwa bila suatu kampus telah berhasil meraih akreditasi unggul, itu artinya kampus tersebut telah melampaui standar nasional perguruan tinggi," tuturnya.

Ia juga merasa bangga dan berterimakasih kepada seluruh elemen yang telah berusaha kerasa untuk pengajuan akreditasi Unggul tersebut.

"Saya ingin menyampaikan terimakasih kepada mantan rektor sebelumnya, mantan ketua LPM dan Sejajarannya, seluruh pimpinan dan tim borang yang memandu kita, reviewer internal, dan seluruh elemen yang sudah tahan banting dalam memenuhi segala kebutuhan akreditasi kita," tutupnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru