Bawaslu Maros Jaring Panwaslu Kelurahan/Desa Berintegritas

Najmi S Limonu
Senin, 27 Mei 2024 14:34
Bawaslu Maros Jaring Panwaslu Kelurahan/Desa Berintegritas
Kandidat Panwaslu kelurahan dan desa jalani tes wawancara. Foto: SINDO Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Maros melakukan tes wawancara terhadap peserta seleksi calon Panwaslu kelurahan/desa atau PKD untuk Pilkada 2024.

"Secara keseluruhan, jumlah pendaftar dan kebutuhan telah mencapai target. Semua kelurahan dan desa terisi pendaftar PKD. Hari ini, calon PKD akan diwawancarai oleh Panwascam secara serentak di 14 kecamatan," kata Ketua Bawaslu Maros Sufirman, Senin (27/5/2024).

Perekrutan ini kata dia bertujuan untuk mendapatkan PKD yang berintegritas, profesional, dan memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam mengawal jalannya demokrasi di tingkat kelurahan/desa.

"Maka penting untuk melihat rekam jejak calon PKD, melalui wawancara tatap muka," tambahnya.

Masyarakat diharapkan turut berperan dalam mengawal proses rekrutmen PKD. Dengan memberikan masukan terhadap figur calon PKD yang mengikuti seleksi wawancara.

Melalui tanggapan langsung ke Panwascam atau Bawaslu Maros. Bisa juga melalui media sosial official panwascam atau Bawaslu Maros.

Sufirman menjelaskan, untuk Pilkada 27 November mendatang, Bawaslu Maros membutuhkan 103 orang. Panwaslu nantinya ditempatkan satu orang per kelurahan dan desa.

Sebelumnya, Bawaslu Maros membuka pendaftaran dari 18 Mei hingga 24 Mei 2024. Lalu kelompok kerja pembentukan PKD Pilkada 2024 melakukan verifikasi berkas dan dilanjutkan tes wawancara pada tanggal 27-28 Mei 2024.

103 PKD terpilih, akan bertugas melakukan pengawasan tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di masing-masing wilayah kerjanya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru