Gowa Optimistis Capai Swasembada Bawang Merah

Herni Amir
Minggu, 12 Mar 2023 10:03
Gowa Optimistis Capai Swasembada Bawang Merah
Sekkab Gowa Kamsina mengikuti panen perdana bawang merah kegiatan bantuan BTT Tahun Anggaran 2022 di Desa Bolaromang, Kecamatan Tombolo Pao, Sabtu (11/3/2023). Foto/Herni Amir
Comment
Share
GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa optimistis daerahnya mampu mencapai swasembada bawang merah. Bukan hanya memenuhi kebutuhan Gowa, tapi juga wilayah lain di Provinsi Sulsel. Hal ini ditandai dengan Panen Perdana Bawang Merah Kegiatan Bantuan BTT Tahun Anggaran 2022 di Desa Bolaromang, Kecamatan Tombolo Pao, Sabtu (11/3/2023) kemarin.

Sekretaris Kabupaten Gowa, Kamsina, menargetkan adanya peningkatan produksi bawang merah di wilayahnya pada tahun ini. "Panen bawang merah varietas lokananta ini adalah panen perdana dari kegiatan bantuan BTT pada Desember yang lalu. Setelah 3 bulan hasilnya sudah terlihat dan bagus," kata Kamsina.



Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Gowa ini mengaku, sebelum kegiatan ini memang Gowa belum pernah melakukan produksi bawang merah dan selalu mengambil suplai dari daerah lain.

Dia juga berharap bawang merah ini tidak dibeli dengan harga yang rendah agar petani-petani kita di Gowa juga bisa meningkat kesejahteraannya. Kamsina optimistis dengan hasil panen yang dilakukan, dapat menutupi kebutuhan bawang merah Gowa menjelang Ramadan tahun 2023.

"Memasuki bulan Ramadan, dengan hasil panen sebanyak ini kami percaya suplai bawang merah untuk Kabupaten Gowa dapat terpenuhi," ujarnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Gowa, Muh. Fajaruddin, mengaku program Bantuan BTT ini dimulai sejak Desember 2022 dengan menggunakan varietas lokananta. Varietas lokananta ini dikembangkan di atas lahan seluas 5 hektare oleh 2 kelompok tani di Desa Bolaromang yang masing-masing mengelola lahan 2 dan 3 hektare.

Baca Juga: Bupati Gowa Dorong Perguruan Tinggi Bangun Kolaborasi dengan Pemerintah

Fajar berharap dengan dilaksanakannya panen perdana ini, dan hadirnya varietas lokananta di Kabupaten Gowa dapat mendongkrak pendapatan petani sehingga dapat lebih sejahtera.

"Semoga budidaya bawang merah ini dapat terus dikembangkan di Kabupaten Gowa sehingga menambah variasi jumlah tanaman hortikultura yang diproduksi di Kabupaten Gowa," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru