Pengamat Sebut Program Iuran Sampah Gratis Paslon Appi-Aliyah Ialah Inovasi Baru

Tim Sindomakassar
Rabu, 23 Okt 2024 14:28
Pengamat Sebut Program Iuran Sampah Gratis Paslon Appi-Aliyah Ialah Inovasi Baru
Cawalkot Makassar, Munafri Arifuddin. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin - Aliyah Mustika Ilham (MULIA) telah membuat inovasi baru lewat program menggratiskan iuran sampah.

Gratis iuran sampah, merupakan satu dari beberapa program kerja oleh pasangan MULIA. Iuran sampah dinilai harus dihapuskan, karena akan menambah beban rumah tangga.

Belakangan ini memang program tersebut menjadi polemiki bagi lawan politik, karena bagi rivalnya bahwa wacana iuran sampah gratis tak bisa direalisasikan. Namun, pesimisme itu, kini terbatahkan.

Pengamat Politik, Muhammad Asratillah mengatakan bahwa program gratisan iuran sampah yang ditawarkan oleh pasangan MULIA merupakan ide atau gagasan yang sangat inovatif.

Ia menilai program paslon 01 Pilwalkot Makassar itu sangat bagus, karena akan membantu meringankan beban bagi masyarakat. Asratillah bilang, bukan hal mustahil karena untuk kepentingan masyarakat.

"Saya lihat program iuran sampah gratis paslon MULIA, merupakan salah satu bentuk inovasi. Karena akan memudahkan dan semakin mempermudah layanan ke masyarakat," ujarnya, Rabu (23/10/2024).

Lebih lanjut Direktur Profetik Institute ini menuturkan, janji-janji program ini sulit bagi lawan politik, namun sangat mudah direalisasikan bagi Paslon MULIA. Apalagi diperkuat oleh regulasi dan diback-up oleh partai pengusung di DPRD Makassar.

"Jadi, bukan sulit diwujudkan, tapi gampang direalisasikan karena hanya butuh regulasi sebagi penguatan," tambah dia.

Maka diperlukan kepemimpinan yang paham terkait prosedural di pemerintah daerah kedepan sebagai penyelenggara pengelolaan sampah, sehingga nantinya TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) tidak menjadi beban bagi daerah.

"Namun tentu iuran sampah gratis mesti ditopang oleh manajemen sampah yang lebih baik ke depan," jelasnya.

Diakui bahwa salah satu program unggulan sekaligus jualan politik dari pasangan MULIA adalah iuran sampah gratis menuai pro-kotra.

Kendati demikian, program unggulan tersebut cukup menjadi polemik di tengah-tengah masyarakat, termasuk menjadi sasaran kritik dari pasangan kandidat lain.

Ia menilai, polemik dan saling kritik antar Paslon sekaitan visi, misi dan jualan program politik merupakan hal yang wajar bahkan positif bagi demokrasi pilkada.

"Ini menunjukkan adanya perhatian dari para kandidat kita untuk memikirkan yang terbaik bagi Kota Makassar ke depan," tuturnya.

Dia menambahkan, tawaran program iuran gratis dari pasangan MULIA sering disalahpahami. Padahal jika paslon lain memahami secara rasional, maka menerima program karena berkaitan hajat hidup orang banyak.

Apalagi pada beberapa kesempatan Munafri Arifuddin mengatakan bahwa iuran sampah gratis ditujukan untuk rumah tangga yang masuk kategori kelas ekonomi menengah-bawah.

"Bagi paslon yang tidak terima selalu salah paham dan anggap tidak masuk akal. Padahal program ini bermanfaat, karena sudah tentu ini akan mengurangi beban ekonomi keluarga menengah ke bawah," jelasnya.

Sebelumnya, Koordinator Jubir MULIA, Andi Januar Jaury Dharwis menyampaikan regulasi hukum pendekatan Yuridis sosiologis iuran sampah gratis oleh Paslon Appi-Aliyah.

"Kami perlu sampaikan di antaranya menghadirkan salah satu program unggulan yakni gratis iuran sampah dari jenis retribusi jasa umum, yang penerapannya semakin terbuka oleh regulasi," ujarnya belum lama ini.

Merujuk pada Undang undang No 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah. Dimana disimpulkan bahwa yang berwenang menyelenggarakan pengelolaan sampah secara langsung adalah pemerintah kabupaten/kota.

Selanjutnya pada UU 28/2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah yang disusul turunan dari UU ini di antaranya permendagri No 7 Tahun 2021 tentang Tata Cara Perhitungan Tarif Retribusi dalam Penyelenggaraan Penanganan Sampah.

Pada salah satu norma UU28/2009 tersebut di atas sebelum dicabut menegaskan salah satu jenis retribusi jasa umum adalah retribusi pelayanan persampahan/kebersihan.

"Namun setelah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku oleh UU 1/2022 tentang Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah hanya disebutkan pelayanan kebersihan sebagai salah satu objek retribusi jasa umum," jelas politisi Demokrat itu.

Adapun penjelasan tentang kelayakan iuran sampah gratis yang merupakan program unggulan Mulai sebagaimana yang termuat pada UU 1/2022 Jenis Pelayanan Retribusi; Pasal 88.

Merujuk pada hal di atas, ia menyampaikan program iuran sampah gratis dari paslon Mulia ini merupakan Kearifan lokal, yang sesungguhnya bermaksud mengurangi beban masyarakat. Terutama karena dinilai tidak bertentangan dengan peraturan perundangundangan yang berlaku.

"Sangat memungkinkan paslon MULIA akan memberikan insentif bagi pihak pihak yang turut berperan dalam mengurangi jumlah sampah di Makassar," tegas mantan anggota DPRD Sulsel dari Partai Demokrat ini.
(UMI)
Berita Terkait
Silaturahmi Akrab, Tokoh Militer Basri Sidehabi Dukung Appi Pimpin Makassar
Makassar City
Silaturahmi Akrab, Tokoh Militer Basri Sidehabi Dukung Appi Pimpin Makassar
Calon Wali Kota Makassar nomor urut 1, Munafri Arifuddin melakukan silaturahmi dengan tokoh masyarakat Sulsel, Marsekal Madya (Purn) Basri Sidehabi, usai melakukan kampanye di wilayah BTP dan Bontoramba, Kecamatan Tamalanrea, Rabu (23/10/2024).
Rabu, 23 Okt 2024 22:54
Janji Amri Arsyid Terpilih Pilwali akan Kolaborasi dengan Generasi Muda Bangun Makassar
Makassar City
Janji Amri Arsyid Terpilih Pilwali akan Kolaborasi dengan Generasi Muda Bangun Makassar
Calon Wali Kota Makassar nomor urut 4, Amri Arsyid menggelar kampanye dialogis bersama warga jalan Daeng Hayo, Kelurahan Bitoa, Kecamatan Manggala, Selasa (22/10/2024).
Rabu, 23 Okt 2024 17:18
Pilwalkot Makassar 2024, PKS Akan Bertarung Hingga Akhir
Makassar City
Pilwalkot Makassar 2024, PKS Akan Bertarung Hingga Akhir
Juru Bicara Tim Pemenangan AMAN di Pilwali Makassar, Yeni Rahman menanggapi santai hasil survei yang menyebut mayoritas pemilih PKS lebih mendukung paslon lain daripada Amri Arsyid - Rahman Bando.
Rabu, 23 Okt 2024 14:52
Pengelola Apresiasi Kunjungan Appi-Aliyah, Diharapkan Bangkitkan Aktivitas Pasar Butung
Makassar City
Pengelola Apresiasi Kunjungan Appi-Aliyah, Diharapkan Bangkitkan Aktivitas Pasar Butung
Pengelola pusat grosir Pasar Butung, Asriadi Dolokyn menyambut baik kunjungan calon Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin bersama wakilnya Aliyah Mustika Ilham pada Selasa (22/10/2024).
Selasa, 22 Okt 2024 21:26
Antusiasnya Ibu-ibu Sudiang Raya Ikuti Kampanye Program Bantuan Modal Usaha Rp10 Juta AMAN
Makassar City
Antusiasnya Ibu-ibu Sudiang Raya Ikuti Kampanye Program Bantuan Modal Usaha Rp10 Juta AMAN
Dukungan kepada pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar nomor urut 4, Amri Arsyid dan Rahman Bando (AMAN) terus mengalir. Hal ini terlihat saat Amri Arsyid menyapa warga di Kelurahan Sudiang Raya, Kecamatan Biringkanaya, Selasa (22/10/2024).
Selasa, 22 Okt 2024 21:09
Berita Terbaru