Dapat Beasiswa Pelajar, Warga Kunjungmae Ucap Terima Kasih ke Kartini

Luqman Zainuddin
Sabtu, 20 Jan 2024 02:01
Dapat Beasiswa Pelajar, Warga Kunjungmae Ucap Terima Kasih ke Kartini
Anggota DPRD Kota Makassar Kartini berbicara di depan konstituennya di Kunjungmae, Kecamatan Mariso, Jumat sore. Foto: SINDO Makassar/Luqman Zainuddin
Comment
Share
MAKASSAR - Anggota DPRD Kota Makassar, Kartini melanjutkan reses masa persidangan kedua 2023/2024, Jumat (19/1). Pada hari ke lima reses, Kartini mendatangi dua lokasi di Kelurahan Kunjungmae, Kecamatan Mariso.

Kartini mula-mula mendatangi RT 06 RW 03 di Kelurahan Kunjungmae ketika siang hari. Saat sore, ia bergeser ke RW 02. Pada dua lokasi itu, ratusan warga hadir mengikuti reses.

Kendati reses memiliki fungsi utama menyerap aspirasi, tak sedikit warga yang justru menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kartini, berkat bantuannya selama satu periode di legislatif.

Salah satunya adalah Ridwan. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kartini karena sudah membantu meloloskan pelajar dari keluarga kurang mampu di wilayah itu, sebagai penerima beasiswa.

"Terima kasih Bu Kartini, kemarin beasiswa pelajar itu sudah cair," kata dia memulai.



Menurutnya, walau terbilang kecil, beasiswa tersebut sudah sangat membantu keluarga, yang memang kesulitan memenuhi kebutuhan sekolah anaknya.

"Banyak butuh biaya pendidikan di sini. Kami tahu mereka tak bisa menyekolahkan anaknya," katanya.

Warga berharap program beasiswa pelajar bisa kembali hadir tahun ini. Selain itu, nilainya pun bisa bertambah, begitupun dengan jumlah penerimanya.

Kartini menjelaskan, pada Mei 2023 lalu, ia memang sempat meminta data pelajar SD dan SMP dari keluarga kurang mampu di daerah pemilihannya. Ia butuh sebab kuota penerima beasiswa pelajar Pemkot Makassar belum mencukupi.

Menurut Kartini, beasiswa tersebut sejatinya diperuntukkan bagi pelajar berprestasi. Namun karena tidak memenuhi kuota, maka kekurangannya ditutupi dari pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu.



"Tapi karena saat itu waktunya hanya sebentar untuk mencari data pelajar, makanya tidak bisa kita maksimalkan. Tahun ini kalau masih ada, saya akan minta data lagi," beber legislator Perindo ini.

Pada kesempatan itu, Kartini mengungkapkan bahwa 2024 terdapat perbedaan pelaksanaan reses. Paling mencolok adalah adanya penambahan lokasi dari enam ke 12. Selain itu jadwal pelaksanannya dimajukan.

"Kenapa dimajukan karena hasil reses harus sesuai dengan Musrenbang. Tahun sebelumnya kan kita reses Maret, tapi saat itu Musrenbang sudah dilaksanakan dan anggaran sudah diketok," beber Kartini.

Dengan alasan seperti itu, makanya Kartini menegaskan bahwa tidak ada sangkut paut pelaksanaan reses dengan agenda berkedok kampanye.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru