Calon Jemaah Haji Tahun 2024 Bisa Cicil Pelunasan Biaya Haji

Agus Nyomba
Sabtu, 02 Des 2023 19:37
Calon Jemaah Haji Tahun 2024 Bisa Cicil Pelunasan Biaya Haji
Kepala Kantor Kemenag Sulsel Khaeroni saat memberikan sambutan pada Media Gathering dan Bincang Santai Masalah Haji dan Umrah di Aula Kemenag Sulsel. Foto: Agus Nyomba
Comment
Share
MAKASSAR - Kabar baik untuk Calon Jemaah Haji (CJH) di seluruh Indonensia, termasuk di Sulsel setelah Kementerian Agama (Kemenag) membolehkan pelunasan biaya haji dengan skema dicicil.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel Ikbal Ismail, dia menjelaskan pelunasan biaya haji dengan skema dicicil ini sudah disampaikan oleh Menteri Agama.



"Pelunasan dengan skema cicil ini baru dilakukan, dan berbeda untuk tahun lalu. Tapi kami juga masih menunggu skemanya seperti apa," kata dia saat kegiatan Media Gathering, Bincang Santai Masalah Haji dan Umrah di Aula Kantor Kemenag Sulsel, Sabtu, (02/12/2023).

Ia mengatakan, untuk pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 bakal dimulai pada Mei mendatang. Namun pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan. "Saat ini sudah 40 persen, dan kami sudah untuk mengurus beberapa hal seperti paspor CJH dari berbagai daerah di Sulsel," kata dia.

Terkait dengan pemeriksaan kesehatan mereka menunggu instruksi dari Kemenkes. Apalagi kata dia, dari hasil pemeriksaan kesehatan tersebut, harus dilengkapi Istithaah. "Apalagi banyak lansia yang berangkat, sehingga pelayanan harus lebih maksimal.

Diketahui Kemenag dan Komisi VIII DPR resmi menetapkan besaran rata-rata BPIH 2024 sebesar Rp93,4 juta. Ini terdiri dari Bipih sebesar Rp56 juta per jemaah atau sebesar 60%, dan nilai manfaat Rp37 juta atau 40% dari BPIH 2024.



Ikbal mengatakan, dari kenaikan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini, tentu akan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap para tamu Allah selama menjalankan ibadah 41 hari lamanya.

"Sekarang juga sudah ada penambahan petugas penyelenggara haji yang akan mendampingi para jemaah," jelasnya.

Kepala Kantor Kemenag Sulsel Khaeroni mengatakan, penyelenggaraan Haji untuk tahun 2024 harus dimaksimalkan betul, termasuk informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat luas.

"Sehingga diharapkan media dan kemenag bisa berkolaborasi dengan baik. Karena kita tahu media juga sebagai corong penyampai informasi," katanya.

Pada acara tersebut turut hadir sejumlah Kepala Kantor Kemenag dari berbagai daerah di Sulsel termasuk Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Sulsel Ali Yafid.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru