Eazy Paspor Permudah Calon Jemaah Haji 2024 Kabupaten Selayar

Tim Sindomakassar
Jum'at, 10 Nov 2023 01:46
Eazy Paspor Permudah Calon Jemaah Haji 2024 Kabupaten Selayar
Layanan Eazy Paspor di Selayar untuk calon jemaah haji. Foto: Istimewa
Comment
Share
SELAYAR - Tak terasa keberangkatan haji yang jatuh Juni 2024 mendatang telah dekat. Tentunya berbagai kebijakan dan persiapan telah dilakukan oleh Kementerian Agama.

Indonesia mendapat tambahan kuota Haji 1445 H/ 2024 M sebanyak 20.000 jemaah. Sehingga kuota haji Indonesia yang pada tahun sebelumnya 221.000 jemaah, bertambah menjadi 241.000 jemaah.

Mempersipakan hal tersebut, salah satu dokumen yang wajib dimiliki oleh jemaah haji 1445 H/ 2024 M adalah paspor. Dokumen ini merupakan identitas diri dan bukti kewarganegaraan selama ibadah di Arab Saudi.

Kantor Imigrasi Makassar turut bersiap menghadapi keberangkatan calon jemaah haji 1445 H/ 2024 M, khususnya wilayah Sulawesi Selatan. Imigrasi Makassar punya andil yang besar dalam keberangkatan jemaah haji mulai dari persiapan pembuatan paspor, keberangkatan jemaah, hingga kepulangan.

Baca juga: E-Paspor Dapat Dibuat di Kanim Makassar, Cek Bedanya dengan Paspor Biasa

Sebagai bentuk kerja sama antara Imigrasi Makassar dan Kementerian Agama Selayar, dilaksanakan Pelayanan Eazy Paspor bagi calon jemaah haji 1445 H/ 2024 M Selayar. Layanan dilakukan di Aula Kantor Kementerian Agama Selayar, Selasa (7/11/2023).

Pelayanan ini merupakan penerbitan paspor bagi calon jemaah haji dengan menggunakan Mobile Unit, sehingga mereka idak perlu ke Makassar untuk membuat paspor. Sebaliknya, petugas Imigrasi yang berkunjung ke Selayar melakukan pembuatan paspor bagi calon jemaah haji.

Sebanyak 80 calon jemaah haji 1445 H/ 2024 M Kabupaten Selayar yang melakukan pembuatan paspor baru/pergantian. Kegiatan ini mendapat apresiasi masyarakat, karena dengan adanya layanan Eazy Paspor, tidak perlu repot lagi untuk ke Kantor Imigrasi yang berada di Kota Makassar melakukan pembuatan paspor.

“Kami berkomitmen akan memberikan pelayanan secara maksimal pada pelaksanaan Haji 2024 mendatang mulai dari persiapan hingga kepulangan jamaah haji. Salah satu yang kami lakukan pada persiapan keberangkatan adalah pemberian layanan Eazy Paspor dimana petugas imigrasi yang mendatangi jamaah haji di daerahnya untuk membuat paspor” ujar Kepala Imigrasi Makassar Agus saat diwawancara di tempat terpisah.



Saat ini Kantor Imigrasi Makassar juga telah menjadwalkan akan melakukan kunjungan pembuatan paspor di kabupaten lainnya sambil terus berkoordinasi dengan Kemenag Prov. Sulawesi selatan dan Kemenag kabupaten/kota.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru