Ma'ruf Amin Imbau Seluruh Masyarakat Hormati Putusan MK

Agus Nyomba
Senin, 22 Apr 2024 07:02
Ma'ruf Amin Imbau Seluruh Masyarakat Hormati Putusan MK
Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Maruf Amin. Foto: Setwapres
Comment
Share
JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) akan melakukan pembacaan putusan atas Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024, Senin, (21/04/2024) hari ini. Hasil ini keputusan tersebut sangat dinantikan oleh mayarakat.

Diagendakan, pembacaan putusan akan digabungkan antara gugatan yang dilayangkan pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Anies-Muhaimin dan paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud pada hari yang sama terkait dengan hasil Pemilihan Presiden 2024 yang diumumkan oleh KPU.



Sejumlah tuntutan telah dilayangkan oleh kedua paslon tersebut, salah satunya mendiskualifikasi paslon 02 Prabowo-Gibran yang dianggap menyalahi aturan terkait pencalonan Gibran sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2024 Februari lalu.

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengimbau kepada masyarakat dan seluruh pihak terkait, khususnya yang bersengketa dan para pendukung untuk menghormati dan menerima apapun hasil yang diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK) nanti.

"Sidang MK adalah bagian dari mekanisme penyelesaian sengketa yang sah usai pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2024. MK juga telah melakukan pelibatan publik untuk berpendapat, melalui amicus curiae atau sahabat pengadilan yang sudah disambut oleh para tokoh bangsa dan kaum cerdik pandai. Dengan demikian putusan MK legitimate," kata Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, (21/04/2024).

Untuk itu, Wapres meminta kepada segenap bangsa Indonesia untuk terus menjaga kerukunan dan persatuan demi Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

"Sebab, kerukunan dan persatuan merupakan prasyarat utama suatu bangsa agar terus dapat bergerak untuk meraih kemajuan," kata Masduki.

Sementara itu, jelang pembacaan putusan Juru Bicara MK Fajar Laksono menuturkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan kepolisian guna mengamankan pembacaan putusan sengketa pilpres.

Dirinya menjelaskan, terdapat juga penebalan pengamanan yang dimulai seputaran akses jalan menuju Gedung MK. "Ada layer-layer pengamanan, mulai dari seputaran akses jalan menuju MK, kemudian di sekitaran Gedung MK, termasuk juga ruang sidang," kata Fajar di Gedung MK, Minggu (21/4/2024).



"Seperti apa detailnya tentu saya tidak bisa sampaikan, tapi yang pasti kita ingin memastikan besok sidang dapat dilaksanakan dengan lancar tanpa gangguan, tertib," tambahnya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru