Polipangkep Latih WNA dalam International Halal Auditor Training

Luqman Zainuddin
Jum'at, 23 Agu 2024 08:45
Polipangkep Latih WNA dalam International Halal Auditor Training
International Halal Auditor Training untuk WNA pada 21-24 Agustus 2024. Foto: Istimewa
Comment
Share
PANGKEP - Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Poilipangkep) melaksanakan International Halal Auditor Training untuk WNA pada 21-24 Agustus 2024. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan industri halal di Indonesia.

Polipangkep telah mendirikan Halal Center pada 2020 sebagai pusat pendidikan, pelatihan, penelitian dan sertifikasi produk halal. Sejak 2022, Halal Science Center Polipangkep telah mendapatkan lisensi dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sebagai salah satu lembaga pendukung proses produksi halal.

Pelatihan ini diikuti oleh 12 peserta dari Korea, Jepang, dan Taiwan. Kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan uji kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Penyelenggara Produk Halal Indonesia (PPHI) dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan pelaku usaha asing tentang penerapan sistem jaminan halal di Indonesia.

Direktur Polipangkep, Dr. Ir. Darmawan, M.P. melalui forum mengatakan bahwa Polipangkep telah menjalin kerja sama untuk saling meningkatkan sumber daya manusia antara institusi kampus dengan Taiwan Halal Integrity Development Asosiation (THIDA) dan The Central Islamic Council of Tailand (CICOT) selaku lembaga halal internasional.

“Pada kesempatan ini, kami juga siap menjalin kerja sama dengan Korea Muslim Federation, NAHA dari Jepang, dan lembaga lain untuk pengembangan industri halal dengan dukungan dari BPJPH dan LSP PPHI”, jelasnya.

Masih menurut Direktur Polipangkep, melalui International Halal Auditor Training ini diharapkan dapat melahirkan auditor halal yang akan bertanggung jawab atas pemeriksaan bahan dan proses halal di dunia usaha dan dunia industri.

Selain itu, saat pembukaan pelatihan ini, Dzikro, S.Pt., M.E. selaku Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal BPJPH mengapresiasi kinerja Halal Science Center Polipangkep sebagai salah satu lembaga pelatihan halal yang aktif melaksanakan pelatihan untuk membantu pelaku usaha menyiapkan SDM auditor halal.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru