Imigrasi Makassar Lakukan Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing di Bone

Luqman Zainuddin
Minggu, 25 Agu 2024 18:01
Imigrasi Makassar Lakukan Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing di Bone
Petugas Imigrasi Makassar ketika melaksanakan operasi pengawasan orang asing di salah satu titik di Kabupaten Bone. Foto: Istimewa
Comment
Share
BONE - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Makassar bersama SKPD, TNI, dan Polri di Kabupaten Bone menggelar operasi gabungan pengawasan orang asing, baru-baru ini.

Operasi ini dilaksanakan setelah sebelumnya menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama Tim Pengawasan Orang Asing atau Timpora Kabupaten Bone.

Operasi gabungan digelar di beberapa titik di Kabupaten Bone, di antaranya adalah Desa Sadar, Pabrik Es Krim Aicee, dan salah satu rumah tempat seorang warga negara asing (WNA) tinggal.



Kegiatan dipimpin Kepala Seksi Intelejen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Makassar Dectry Laksana. Operasi juga diikuti perwakilan pihak Dinas Tenaga Kerja, Kementerian Agama, Kepolisian Resort Bone, dan Komando Daerah Militer Bone.

Pada kegiatan ini, petugas gabungan memeriksa kelengkapan dokumen orang asing yang ditemui di lokasi. Selain itu instansi lain juga memeriksa sesuai dengan tupoksi masing-masing.

"Operasi ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengajak seluruh perangkat pemerintahan untuk dapat melakukan pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing yang berada di wilayah kerja mereka," ucap Dectry Laksana dalam siaran pers yang diterima SINDO Makassar.



Timpora merupakan tim yang terdiri dari instansi atau lembaga pemerintah. Mereka memiliki tugas dan fungsi terkait keberadaan dan kegiatan orang asing di Indonesia. Timpora melakukan pengawasan mulai dari saat orang asing masuk, keberadaan, dan kegiatan mereka.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru