Diduga Curi Tembaga Kabel PLN, Polisi Amankan Pria Asal Parepare

Andi Mappanyukki
Kamis, 27 Apr 2023 15:38
Diduga Curi Tembaga Kabel PLN, Polisi Amankan Pria Asal Parepare
Seorang warga asal Kota Parepare, bernama Basri alias Abbas (27), dibekuk polisi usai diduga melakukan pencurian kabel jaringan milik PT PLN yang berada di Kabupaten Sidrap. Foto: Istimewa
Comment
Share
SIDRAP - Seorang warga asal Kota Parepare, bernama Basri alias Abbas (27), dibekuk polisi usai diduga melakukan pencurian kabel jaringan milik PT PLN yang berada di Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap.

Kapolres Sidrap melalui Kasat Reskrim, AKP Muhalis menjelaskan, kejadian berawal saat jaringan listrik milik PT PLN mengalami gangguan. Setelah ditelusuri oleh pihak PLN, gangguan listrik disebabkan adanya jaringan kabel yang hilang.



Pihak PLN Sidrap kata Muhalis sebelumnya, menerima aduan tentang terputusnya aliran listrik. Usai dilakukan pengecekan, diperoleh fakta kabel di sekitar Travo yang terletak di Batulappa, Watang Pulu telah hilang dan diduga telah dicuri.

"Hasil penyelidikan awal diperoleh informasi dari seorang pembeli barang bekas (Purwoto) mengakui dirinya pernah membeli beberapa kilo kabel tembaga yang diduga milik PT PLN. Kabel-kabel tembaga itu dijual seseorang yang juga rekan tersangka Basri," ungkap Muhalis, Kamis (27/4/2023).

Basri lanjut Muhalis, berhasil diamankan di kediaman Purwoto (pembeli kabel) yang terletak Kelurahan Bukit Harapan, Kecamatan Soreang, Kota Parepare.

"Di tempat tersebut tim berhasil mengamankan Basri menurut keterangan Purwoto, Basri dan rekannya Aco telah dua kali menjual beberapa kilogram kabel tembaga diduga milik PLN," ujarnya.

Selain Basri, juga diamankan 2 karung plastik yang berisi gulungan kabel tembaga serta 1 unit motor jenis Jupiter MX King warna hitam. Namun Aco, rekan Basri berhasil melarikan diri dan belum berhasil ditemukan," sambung Muhalis.



Saat ini terduga pelaku Basri diamankan di Mapolres Sidrap untuk menjalani penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut. "Dari hasil penyelidikan sementara, terduga pelaku Basri merupakan salah satu sindikat pencurian kabel listrik dan diduga kuat berkaitan dengan hilangnya kabel-kabel listrik milik PLN di wilayah Kabupaten Sidrap," tukasnya.
(GUS)
Berita Terkait
Korban Rugi Rp20 Juta, Polisi Ringkus Pencuri Rante Sleng di Palopo
Sulsel
Korban Rugi Rp20 Juta, Polisi Ringkus Pencuri Rante Sleng di Palopo
Warga Makassar inial MY, yang bekerja sebagai sopir ini diamankan atas dugaan kasus pencurian. Dia diamankan di Jalan Lingkar Kelurahan Pontap, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo.
Rabu, 07 Agu 2024 11:12
Polres Tana Toraja Tangkap Pelaku Pencurian di Toko
Sulsel
Polres Tana Toraja Tangkap Pelaku Pencurian di Toko
Sempat buron selama enam hari, seorang pria Tana Toraja berhasil diamankan Unit Resmob Polres Tana Toraja (23/07) atas dugaan tindak pidana pencurian di sebuah toko Jalan Buisun Kelurahan Buntu Burake, Kecamatan Makale.
Minggu, 28 Jul 2024 11:45
Pencuri Ambil HP dan Rokok di Toko saat Pemilik sedang Salat di Palopo
News
Pencuri Ambil HP dan Rokok di Toko saat Pemilik sedang Salat di Palopo
Unit Reskrim Polsek Wara Selatan (Warsel) dibackup Resmob Polres Palopo berhasil membekuk pelaku pencurian yang terjadi di Jalan To’mangambari RT/RW 003/002 Kelurahan Songka, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, beberapa waktu lalu.
Senin, 10 Jun 2024 14:07
Polisi Ringkus 3 Pelaku Curanmor yang Resahkan Warga Soppeng
Sulsel
Polisi Ringkus 3 Pelaku Curanmor yang Resahkan Warga Soppeng
Tim Resmob Polres Soppeng berhasil mengungkap terduga pelaku tindak pidana pencurian potor yang membuat keresahan masyarakat Soppeng di Jalan Pemuda Kelurahan Lemba, Kecamatan Lalabata.
Minggu, 09 Jun 2024 15:27
Polisi Ciduk Pencuri HP di Mini Soccer Sidrap
News
Polisi Ciduk Pencuri HP di Mini Soccer Sidrap
Tim Resmob Polres Sidrap kembali berhasil mengungkap kasus pencurian gawai yang meresahkan warga dalam beberapa pekan terakhir. Berkat kerja ekstra dan dedikasi tim, pelaku berhasil diamankan beserta barang bukti yang ditemukan.
Rabu, 05 Jun 2024 17:52
Berita Terbaru