Harga Telur Dipasaran Maros Tembus Rp60 Ribu Satu Rak

Najmi S Limonu
Senin, 22 Mei 2023 16:31
Harga Telur Dipasaran Maros Tembus Rp60 Ribu Satu Rak
Harga telur di Pasar Butta Salewangan Maros (BSM) tembus diangka Rp60 ribu per raknya. Foto: SINDO Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Harga telur di Pasar Butta Salewangan Maros (BSM) tembus diangka Rp60 ribu per raknya. Kondisi ini telah terjadi sejak sepekan lalu.

Salah seorang pedagang telur, Wahyudi mengaku kenaikan harga telur ayam ras ini sudah terjadi sejak seminggu lalu.

"Dulu waktu murah harga telur itu kita bisa pilih kecil dan besar. Jadi harganya menyesuaikan ukuran telurnya, tapi sekarang sudah rata harganya Rp60 ribu," katanya.



Diakuinya, biasanya ketika harga telur naik itu disebabkan ada pembagian bansos. Sehingga penjualan telur minim, karena diborong langsung di kandangnya.

"Makanya harganya juga naik. Yang dari kandang saja naik, apalagi kita yang sudah ambil sama pedagang lain," akunya.

Sebelum mengalami kenaikan kata dia, harga telur per raknya hanya dikisaran Rp55 ribu saja.

"Selain per rak saya juga jual per biji Rp2000. Padahal sebelumnya saya jual Rp10 ribu per 6 biji, sekarang tidak bisa. Kita jual 10 ribu itu dapat 5 biji," jelasnya.

Dia menjelaskan, kenaikan harga telur ini juga mempengaruhi daya beli masyarakat. Sebab sejak adanya kenaikan harga dalam sepekan ini, pembeli telur juga mulai berkurang.

"Biasa itu sehari bisa sampai 20 rak laku, sekarang tidak lagi. Untung kalau ada keluar, karena penjual nasi kuning juga biasa banyak beli telur. Sekarang mereka lebih pilih beli ayam, ya karena mahalnya harga ayam," akunya.



Pedagang lainnya, Darwis juga mengakui jika harga telur saat ini sudah mencapai diangka Rp58 ribu hingga Rp60 ribu per raknya. "Ada kenaikan Rp3 ribu dari harga sebelumnnya hanya Rp55 ribu," katanya.

Kenaikan harga ini kata dia disebabkan kurangnya stok dan tingginya pemakaian.
"Stok kurang ditambah banyak pengantin, makanya harga naik. Banyak pembeli mengeluh tapi mau tidak mau mereka beli, meski ada yang cuma beli beberapa biji saja," katanya.

Tak hanya harga telur yng mengalami kenaikan harga, cabai merah juga mengalami kenaikan diangka Rp40 ribu per kilogramnya. "Sebelumnya hanya Rp20 ribu per kilogram. Sekarang naik jadi Rp40 ribu, ini sudah 10 hari naik," pungkasnya.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru